6 Tips agar pakaian cepat kering selama musim hujan

Menjemur baju selama musim hujan memang butuh waktu lama untuk kering. Saat kering pun terkadang baunya apek. Begini cara mengatasinya.

Bulan Desember biasanya hujan mulai rutin turun. Dan  cuaca yang lembap serta sinar matahari yang jarang membuat kegiatan mencuci agak merepotkan. Karena saat hujan turun tanpa jeda sehari pun, jemuran bisa butuh 3-5 hari untuk bisa kering. Tentu hal ini akan sangat menyebalkan. Apalagi jika jemuran itu berisi seragam maupun pakaian sehari-hari.

Namun jangan menyalahkan hujan. Daripada mengeluh dan menyalahkan cuaca, kamu harus bisa menyiasati agar pakaianmu cepat kering dan tidak apek sebab bulan Oktober-Maret atau April biasanya memang jatah musim penghujan.

Lalu, bagaimana agar pakaian cepat kering selama musim hujan? Berikut cara yang bisa kamu lakukan.

1. Memanfaatkan pengering di mesin cuci.

Jika punya mesin cuci, kamu bisa memanfaatkan pengeringnya. Walau hasilnya setengah kering, jika diangin-anginkan atau digantung di jemuran sehari tentu akan kering. Namun itu juga bergantung pada bahan pakaian yang kamu cuci.

2. Menjemurnya di hanger daripada disampirkan pada tali jemuran.

Jika menjemur di hanger, bagian kain yang terlipat akan berkurang dan pakain jadi lebih cepat kering. Berbeda jika kamu langsung menyampirkan di tali jemuran. Biasanya sisi dalam pakaian masih basah sedangkan luarnya sudah mengering. Jika pun tidak ingin terlipat saat disampirkan, tentu kamu akan butuh banyak ruang agar pakaian bisa menempel pada tali jemuran.

3. Jemur pakaian di tempat yang terang atau punya banyak lampu.

Selain cahaya, lampu yang menyala juga menghasilkan panas walau suhu panas yang dihasilkan tak seberapa. Pasang lampu pada tempat menjemur kamu. Semakin banyak lampu semakin baik. Biarkan lampu itu menyala sehari semalam atau sampai pakaian mengering jika perlu. Ibarat menetaskan telur yang butuh banyak lampur pijar agar udara di dalam menjadi hangat.

4. Selain tempat jemuran yang terang, menambahkan kipas angin juga bisa mempercepat proses pengeringannya.

Selain lampu yang membuat udara di tempat jemuran agak hangat, kipas angin juga bisa membantu mempercepat pengeringan. Saat pakaian sudah setengah kering kamu bisa memindahkan kipas angin dan menyalakannya beberapa jam agar pakaian kering namun dalam kondisi hangat, bukan lembap.

5. Memberi jarak pada tiap pakaian.

Jarak yang renggang pada tiap pakaian juga memengaruhi kecepatan keringnya. Jangan menumpuk atau membuat tali jemuran yang sangat dekat satu sama lain selama musin hujan. Karena bisa jadi pakaian malah kering di beberapa sisi saja.

6. Menyetrika pakaian yang sudah setengah kering.

Ini merupakan cara kepepet dan bisa dilakukan semua kalangan. Karena tentu semua rumah pasti punya setrika dong ya. Jika tidak punya ruang jemuran yang agak luas atau lampu untuk dipasang di ruang jemuran, kamu bisa menyetrika pakaian yang sudah setengah kering. Namun durasi menyetrika akan lebih lama dan semua bagian harus terkena setrika agar keringnya merata.

Sumber :   Internet

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *