Mngapa Telur Ayam Berwarna Warni ?

Jika kita perhatikan dengan seksama saat kita membeli telur ayam, kita akan menemukan fenomena yang sangat menarik terkait warna telur.

Warna telur ayam ras yang sering kita temui adalah warna putih dan coklat, namun ayam kampung dan ayam lokal lainnya ada yang menghasilan telur dengan warna krem, kehijauan, kebiruan dan ada juga yang bercak bercak. Warna telur ayam sebagian besar ditentukan oleh jenis ayamnya, artinya jenis ayam tertentu akan menghasilkan warna telur dengan warna tertentu juga.

Jenis jenis ayam yang menghasilkan warna telur coklat adalah ayam barnavelders dan  ayam  Rhode Island reds, sedangkan telur berwarna putih umumnya dihasilkan oleh ayam jenis  leghorns dan ayam kapas.

Ayam kampung pada umumnya menghasilkan warna telur putih dan ada juga yang telurnya berwrna agak krem. Walaupun demikian proses mulai dari pembentukan kuning telur,  dilepaskan kemudian ditambahkan dengan putih telur dan terakhir dibungkus oleh cangkang telur di dalam saluran reproduksi ayam sangat menarik untuk diketahui.

Bahan dasar kulit telur ayam pada dasarnya sama, yaitu terbuat dari calcium carbonate.  Selanjutnya di dalam saluran reproduksi ayam setelah terbentuk  cangkang,  telur ini akan dilapisi oleh berbagai bahan kimia. Pelapisan akhir bahan kimia yang terjadi di saluran reproduksi ayam yang dinamakan oviduct inilah yang akan membuat telur berwarna warni.

Warna Coklat. Warna telur coklat disebabkan oleh adanya pelapisan pigmen pada cangkang telur yang dinamakan protoporphyrin IX.  Bahan kimia ini hampir serupa dengan hemoglobin dalam darah, namun ada perbedaannya.

Hemoglobin  darah mengandung zat besi sehingga menyebabkan darah berwarna merah, sedangkan protoporphyrin IX tidak mengandung zat besi, sehingga warna yang dihasilkan adalah coklat.

Warna Putih. Telur ayam akan berwarna putih apabila dalam proses akhirnya telur tidak dilapisi  oleh pigmen apapun di dalam saluran reproduksi ayam.  Jadi telur ayam berwarna putih ini hanya terbuat dari calcium carbonate yang berwarna putih.

Warna kebiruan. Telur ayam berwarna kebiruan ini terjadi jika dalam tahap pembentukan, cangkangnya  dilapisi pigmen oocyanin, yang menyerap kedalam cangkang telur.  Jika kita perhatikan dengan seksama maka kulit telur ayam yang berwarna kebiruan ini tidak hanya terjadi dilapisan kulit telurnya namun  pada keseluruhan kulit telurnya karena pigmen oocyanin diserap secara merata ke seluruh kulit telur.

Warna kehijauan. Telur ayam berwarna kehijauan ini dapat terjadi jika kita menyilangkan jenis ayam yang menghasilkan  warna telur coklat dengan jenis ayam yang menghasilkan warna telur kebiruan. Dalam prosesnya warna kehijauan ini muncul karena kulit telur yang berwarna kebiruan akibat penyerapan pigmen oocyanin selanjutnya dilapisi dengan lapisan protoporphyrin IX

Warna pink. Warna telur pink berasal dari kutikula yang secara alami akan menutupi pori pori kulit telur.  Warna pink ini biasanya akan luntur sebelum telur dijual dipasar akibat sentuhan, pencucian dll.

Warna bercak. Telur ayam yang memiliki pola warna bercak bercak atau berbintik bintik seperti lazimnya yang kita jumpai pada telur burung puyuh akibat adanya proses pigmentasi telur.  Di dalam saluran reproduksi ayam selama pembuatan telur, telur akan berputar dengan kecepatan tertentu sehingga proses pigmentasinya terjadi secara merata.

Namun  jika proses rotasi telur dalam saluran reproduksi ayam terjadi lebih lambat dari biasanya, maka telur yang dihasilkan adalah telur berwarna bercak bercak karena pigmentasinya tidak terjadi secara merata.

Jadi jika suatu saat kita belanja telur dan menemui telur ayam yang berwarna warni, maka kita faham mengapa hal itu dapat terjadi.

Sumber : Google

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *