Manfaat air hujan

Air hujan adalah adalah air yang terbentuk dari proses yang terjadi di alam.

Ketika hujan datang, tanah atau wilayah tempat kita dipenuhi dengan air hujan. Bahkan di beberapa tempat sampai terjadi banjir.

Meski sering dikaitkan sebagai penyebab banjir, air hujan ternyata punya lima manfaat ini, lo!

1. Membantu Pertanian

Tanaman padi, sayuran dan buah dapat tumbuh dengan baik karena apa? Tanaman-tanaman tersebut bisa hidup dan dipanen dengan baik karena adanya air hujan yang mengaliri dan membasahinya.

Air hujan sangat diperlukan tanaman untuk dapat melakukan proses pertumbuhan atau fotosintesis. Jika terjadi kekeringan yang panjang, hasil panen bisa saja tidak baik.

2. Kebutuhan Hidup Manusia

Air hujan yang turun akan masuk dan meresap ke dalam tanah, lalu berubah menjadi air tanah.

Nah, air tanah tersebut biasanya dimanfaatkan manusia untuk memasak, mencuci, dan kebutuhan hidup lainnya.

3. Sumber Energi Pembangkit Listrik

Danau buatan, yang menampung air hujan dapat dimanfaatkan dan diubah menjadi sumber energi listrik dibantu dengan peralatan teknologi yang canggih.

Air yang digunakan sebagai energi pembangkit listrik itu disebut sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

4. Air Minum

Air hujan tidak dapat diminum secara langsung. Untuk dapat diminum, air hujan perlu melewati tahap pemurnian. Air hujan ditampung di dalam galon atau penampungan lainnya.

Kemudian air hujan diteliti untuk melihat zat-zat berbahaya apa saja yang terdapat di dalamnya. Nah, proses pemurnian tadi berguna untuk menghilangkan semua zat-zat berbahaya yang terkandung di dalam air hujan.

Setelah melewati proses tersebut, air hujan bisa diminum tanpa harus dimasak.

5. Kelangsungan Hidup Hutan

Di hutan biasanya hidup pohon-pohon dan hewan liar. Keduanya membutuhkan air yang cukup agar bisa hidup dan air tersebut didapat dari hujan.

Seperti yang kita tahu, bahwa peran pohon sangat penting bagi kehidupan kita. Pohon yang menyediakan udara bersih untuk kita hirup.

Selain itu, pohon juga bisa membantu menyerap air hujan dan mencegah banjir. Oleh sebab itu, air hujan sangatlah penting untuk membuat hutan tetap lestari.

Sumber : ” Internet “(Yomi Hanna)

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *