Tumbuh Uban di Usia 20an? Apa Penyebabnya?

Salah satu tanda-tanda penuaan adalah munculnya rambut putih atau uban di kepala Anda. Tapi bagaimana jika usia Anda masih terbilang muda namun uban  sudah mulai terlihat? Tak hanya di usia 20, banyak orang yang mengalami perubahan warna rambut bahkan saat masih remaja.

Tumbuhnya uban di usia muda ternyata dipicu oleh beragam penyebab. Berikut 5 alasan tumbuhnya uban saat Anda usia seseorang masih 20an.

Faktor pertama adalah genetik. Alasan yang pertama adalah gen yang ada dalam diri Anda. Cepatnya pertumbuhan rambut putih sudah tersimpan dalam kromosom yang diwariskan orang tua ke anak. Artinya, apabila orang tua Anda memiliki masalah rambut beruban pada saat masih muda, maka kemungkinan besar masalah itu akan di turunkan kepada anak ataupun cucunya.

Selanjutnya yaitu etnis dan gender. Menurut sebuah studi pada tahun 2011 lalu yang dilakukan para dokter kulit. Ternyata etnis juga dapat mempengaruhi bagaimana dan kapan rambut Anda berubah menajdi abu-abu. Rambut orang bule cenderung berubah pada pertengahan tiga puluhan, sementara orang asia biasanya berubah di akhir tigapuluh. Sementara Afrika-Amerika biasanya tidak akan tumbuh uban sampai berusia empat puluhan.

Faktor berikutnya adalah nutrisi dan masalah kesehatan. Gizi yang buruk sangat berpontensi bagi uban untuk tumbuh lebih cepat. Kekurangan vitamin B-12, serta kurangnya protein, vitiligo, anemia, tiroid, dan masalah kelenjar pituitari adalah penyebab lain tumbuhnya uban secara prematur.

Merokok adalah juga merupakan alasan usia 20 an sudah beruban. Sebuah penelitian yang diterbitkan di National Center for Biotechnology Information pada tahun 2010, menemukan bahwa perokok dua setengah kali lebih mungkin untuk uban tumbuh lebih cepat daripada non-perokok.

Penyebab yang terakhir adalah stres. Anda bisa saja merasa sehat, namun tanpa disadari tubuh Anda bisa menerima tekanan akibat pikiran Anda yang sedang stres. Stres dapat menyebabkan terhambatnya produksi melanin yang merupakan pigmen alami pewarna rambut. Untuk mengatasi rambut uban tumbuh lebih cepat, usahakan agar mengatur keseimbangan kerja dan istirahat Anda dengan baik.

Sumber by google

 

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *