Berapa Kecepatan Siput Berjalan?

Hewan apa yang berjalan paling lambat di dunia ini? Sebagian besar dari Anda, pasti tahu. Ya, jawabannya adalah siput. Karena itu, tidak salah jika orang yang berjalan sangat lambat sering kali dijuluki si siput. Namun tahukah Anda, berapa kecepatan berjalan seekor siput atau biasa disebut keong tersebut?

Berdasarkan penelitian, siput hanya memiliki kecepatan maksimal 0,03 mil per jam. Dengan asumsi, 1 mil sama dengan 1,609344 km, berarti seekor keong hanya mampu berjalan maksimal sejauh 1,34 cm dalam 1 menit. Rekor ini menjadikan siput sebagai binatang paling lambat di dunia. Sedangkan hewan kedua paling lambat disandang kura-kura raksasa dengan kecepatan 0,13 hingga 0,30 mil per jam.

Dengan kecepatan jalan sebesar itu, siput menjadi sangat mudah ditangkap sejak zaman prasejarah. Siput tergolong ke dalam hewan lunak (mollusca) dari kelas Gastropoda yang berarti berjalan dengan perut. Siput atau bekicot merupakan hewan yang berasal dari Afrika Timur. Meski berjalan sangat lambat, siput sangat mudah berkembang biak. Akibatnya, siput menyebar ke seluruh kawasan dunia.

Tubuh lunak berlendir siput rentan terhadap pengeringan, sehingga siput hidup terbatas pada lingkungan lembap dan harus mundur ke tempat persembunyian ketika cuaca basah ke kering. Pada awalnya, bekicot banyak diburu kaum petani karena merupakan musuh dan hama bagi tanaman. Namun, kini bekicot banyak diburu dan dikumpulkan untuk komoditas ekspor. Permintaan terhadap bekicot termasuk sangat tinggi, terutama dari Prancis, Jerman, serta Jepang, untuk dijadikan makanan.

Selain sebagai pakan ternak, siput juga merupakan sumber protein hewani yang bermutu tinggi karena mengandung asam-asam amino esensial lengkap. Banyak masyarakat yang menggemari makanan siput, seperti sate bekicot, keripik bekicot. Selain itu, siput  juga dipakai dalam pengobatan tradisional, karena ekstrak daging bekicot dan lendirnya sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti abortus, radang selaput mata, sakit ketika menstruasi, sakit gigi, gatal-gatal, dan lain-lain.

 

Sumber by google

 

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *