Mungil Bentuknya, Ternyata Jeruk Nipis Mempunyai Manfaat Bagi Tubuh Manusia

Jeruk nipis biasanya dijadikan sebagai pelengkap sekaligus penambah cita rasa pada berbagai makanan, seperti soto dan mie kocok. Bahkan, aroma dan rasanya yang kecut serta segar, menjadikan air perasan jeruk nipis sering dijadikan penghilang bau amis pada ikan sebelum diolah. Namun di samping itu semua, belum banyak orang yang tahu kalau jeruk nipis menyimpan segudang manfaat baik untuk tubuh.

Jeruk memiliki banyak jenis, salah satunya jeruk nipis. Berbeda dengan jeruk yang biasanya dijadikan makanan pencuci mulut, jeruk nipis tidak dimakan dengan cara seperti itu. Jeruk ini lebih sering dicampurkan pada makanan agar lebih sedap atau dibuat jadi minuman segar ketimbang dimakan langsung.

Jeruk yang memiliki nama latin Citrus aurantifolia ini ternyata punya banyak nama cantik di berbagai daerah di Indonesia, seperti kelangsa, jeruk pecel, jeruk alit, atau lemau nepi di berbagai daerah di Indonesia. Sayangnya, banyak orang masih salah menyebut jeruk nipis dengan jeruk limau maupun lemon. Padahal, jeruk limau dan lemon adalah jenis jeruk yang berbeda dari jeruk nipis.

Jeruk nipis memiliki bentuk lebih bulat daripada lemon yang sedikit oval dengan ujung yang sedikit mencuat. Kemudian, jeruk nipis berwarna hijau terang sementara lemon berwarna kuning cerah. Meski warna buah jeruk nipis bisa menguning, biasanya orang-orang cenderung memanfaatkan buah ini saat warnanya masih hijau.

Beda lagi jika jeruk limau. Jenis jeruk ini sering kali tertukar dengan jeruk nipis karena warna dan bentuknya yang hampir serupa. Namun bila diperhatikan, jeruk limau ukurannya jauh lebih kecil, sedangkan jeruk nipis umumnya seukuran bola tenis meja.

Warna jeruk limau jauh lebih pekat alias hijau gelap. Sementara jeruk nipis jauh lebih terang dan kadang sedikit kekuningan. Jika disentuh, permukaan kulit jeruk nipis jauh lebih halus dan lebih tipis, sedangkan kulit jeruk limau memiliki tekstur kasar karena dikelilingi benjolan-benjolan kecil dan lebih tebal.

Seperti yang mungkin sudah Anda tahu, air merupakan zat yang penting bagi tubuh. Sekitar 70 persen komposisi tubuh manusia terdiri dari air. Selain bertugas untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh, air juga berfungsi untuk membuang zat racun yang mengendap di dalam tubuh sekaligus mendukung tersedianya energi untuk beraktivitas.

Sayangnya, tidak semua orang suka minum air putih biasanya dalam jumlah banyak karena dinilai tidak berasa. Sebagai gantinya, mereka lebih memilih minum minuman yang berasa seperti jus, teh, atau susu. Padahal, beberapa minuman tersebut mengandung pemanis tambahan yang menyumbang asupan kalori berlebihan.

Jika anda juga tidak suka air putih, Anda bisa mencoba mengganti kebiasaan tersebut dengan menambahkan perasan air jeruk nipis ke dalam minuman. Selain membuat rasanya lebih nikmat, air jeruk nipis juga memberikan beberapa manfaat yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan  vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem imun tubuh Anda dan membantu tubuh melawan penyakit, seperti flu, pilek, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, manfaat jeruk nipis yang menyumbang vitamin C ini juga akan meningkatkan produksi sel sehat untuk membunuh mikroba penyebab penyakit, sehingga mempersingkat lama waktu Anda saat sakit. Untuk itu, jenis buah jeruk-jerukan sangat direkomendasikan supaya Anda tidak gampang sakit. Manfaat lainnya yaitu melancarkan pencernaan. Air jeruk nipis bersifat asam dan dapat membantu  air liur (saliva) memecah makanan. Selain itu, kandungan flavonoid dalam air jeruk nipis dapat merangsang pengeluaran enzim-enzim pencernaan. Jika Anda mengalami sembelit, sifat asam dari jeruk nipis dapat merangsang pergerakan usus Anda. Ini membantu sampah makanan di dalam perut terdorong ke bawah lebih mudah. Selain itu, asupan air dari perasan jeruk pecel ini juga bisa membantu Anda untuk mengeluarkan feses lebih lancar.

Sumber by Google

 

 

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *