Cara Benar Menggunakan Earphone Agar Tidak Menyakiti Telinga

Tidak sedikit orang yang mengandalkan earphone untuk mendengarkan musik, bermain game di kala senggang, atau sekadar menelepon ketika kedua tangannya sedang sibuk. Namun nyatanya, tidak sedikit pula orang yang menggunakannya sembarangan sehingga akhirnya malah menyakiti telinga. Lantas, seperti apa cara pakai earphone yang benar dan aman bagi telinga? Mendengarkan musik kencang-kencang bagi sebagian orang dapat membantu mereka lebih konsentrasi saat bekerja. Akan tetapi, hati-hati. Cara penggunaan earphone yang keliru dapat berdampak buruk pada pendengaran kita. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh WHO sebanyak 43 juta penduduk dari usia 12-35 tahun mengalami penurunan pendengaran, dan dari sekian banyak penyebab, setidaknya 50% kasus tersebut akibat penggunaan earphone dengan volume suara terlalu kencang.

Mendengarkan musik lewat earphone ini juga akan semakin meningkat terutama bila kita terbiasa menggunakannya di tempat bising. Pasalnya, volume lagu yang diputar tanpa disadari akan sangat kencang untuk menutupi kebisingan tersebut. Tak hanya itu. Ternyata risiko penurunan pendengaran juga akan meningkat ketika kita mendengarkan menggunakan earphone saat sedang melakukan aktivitas berat, misalnya berolahraga sambil mendengarkan musik, dibandingkan saat sedang berisitirahat. Kebiasaan cara pakai earphone yang salah juga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada telinga, seperti rasa nyeri serta telinga terasa penuh dan berdenging.

Cara pakai earphone yang benar dan aman bagi telinga yaitu cobalah dengarkan musik dengan volume setengah dari volume kebisingan, Jangan gunakan earphone melebihi 1,5 jam dalam satu kali sesi, beri waktu telinga buat sesekali beristirahat sebelum lanjut mendengarkan musik lagi. Batasi pula volume suaranya maksimal 85 dB. Rutinlah membersihkan earphone dan jangan membiasakan diri berbagi earphone dengan orang lain. Bila anda akan melakukan suatu aktivitas di tempat bising, cobalah luangkan waktu untuk berhenti sejenak dan pergi ke tempat sepi untuk mengistirahatkan telinga sebelum kembali ke tempat tersebut.

Satu yang tidak boleh terlupa Jangan pakai earphone saat sedang di jalan raya. Banyak sekali orang yang mendengarkan lagu saat menyeberang jalan atau menyetir di jalan raya. Besar kemungkinannya kita tidak bisa mendengar suara klakson mobil atau suara lainnya sehingga dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Sumber by Google

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *