Jangan Dibuang ! Inilah Manfaat Tinta Cumi Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Tinta Cumi Untuk Kesehatan – Bagi anda penggemar seafood pasti sudah tidak asing lagi dengan hewan yang satu ini, yups cumi. Tekstur cumi yang kenyal dan rasanya yang lezat tak ayal membuat makanan laut ini menjadi salah satu menu favorit para pencinta seafood.

Namun tahukah anda, jika tinta hitam yang sering anda buang juga memiliki manfaat lebih untuk kesehatan lho. Ya, warna hitam pada tinta cumi disebabkan oleh adanya senyawa melanin dengan konsentrasi sangat tinggi dan zat besi.

Melanain sendiri merupakan polimer kompleks yang tersusun atas asam amino tirosin. Dimana asam amino ini berfungsi untuk mengaktifkan enzim-enzim dalam tubuh kita.

Asam amino tirosin juga berperan untuk pembentukan hormon dopamine dan adrenalin. Dimana dua hormon ini memberikan efek positif bagi tubuh.

Sedangkan kandungan zat besi (Fe) dalam tinta cumi jelas menguntungkan dari segi gizi dan kesehatan. Ini karena zat besi merupakan mineral penting bagi tubuh karena dapat menyusun sel darah merah (homoglobin). Selain itu, zat besi juga berfungsi untuk membantu fungsi otak dan otot melalui perannya untuk mensdistribusikan oksigen di dalam tubuh.

Adanya tinta hitam pada cumi justru menjadikan olahan seafood menjadi lebih gurih karena adanya kandungan glutamat, asam amino yang memberikan cita rasa gurih.

Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari tinta cumi yaitu mengatasi stres. Tinta cumi mengandung serotonin atau zat anti stres yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita gangguan mental (psikologi) seperti bipolar disorder atau depresi. Manfaat lain dari tinta cumu-cumi yaitu menjaga kesehatan jantung. Kandungan zat tirosin yang ada dalam tinta cumi memiliki manfaat sebagai stimulasi atau hormon perangsang sehingga bisa mengaktifkan hormon adrenalin yang akan membuat detak jantung anda lebih stabil. Sehingga kesehatan jantung pun terjaga.

Selain itu cumi-cumi juga bisa meningkatkan nafsu makan. Meskipun sebelumnya tinta cumi dikatakan dapat meluluhkan lemak dalam tubuh, namun tinta cumi ini juga bisa anda jadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan nafsu makan pada diri atau anak. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu mencampurkan tinta cumi pada masakan kesukaan.

 

Sumber : Google

 

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *