Manfaat Jambu Biji

Buah jambu biji yang segar dan enak ternyata memiliki khasiat yang luar biasa. Buah yang mengandung vitamin C cukup besar tersebut memberikan kesehatan bagi tubuh kita. Umumnya buah ini digunakan sebagai obat tradisional dikalangan nenek moyang kita. Jus jambu biji “bangkok” aajuga dianggap berkhasiat untuk membantu penyembuhan penderita demam berdarah dengue.

Selain itu masih ada manfaat lain yang bersumber dari buah ini. Buah jambu biji mengandung banyak vitamin dan serat, sehiingga cocok sekali dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Warna daging buah jambu biji yang merah mengindikasikan jambu biji kaya akan vitamin A untuk kesehatan mata dan antioksidan. Buah jambu biji sangat cocok sekali dikonsumsi disiang hari karena buahnya yang segar dan mendinginkan badan.

Dari hasil penelitian pula disebutkan jambu kluthuk khususnya yang berwarna merah mengandung vitamin A dalam jumlah yang tinggi yakni sekitar 3,1 mg/100 g dibandingkan dengan jambu kluthuk yang berwarna putih. Vitamin lain yang terkandung adalaha vitamin B-tiamida (B1), riboflavin (B2), asid nikotinik dan asid pantotenik.

Aedangkan manfaat obat-obatan tang terkandung dalam jambu kluthuk aaakarena jenis tanaman ini memiliki kandungan minyak astiriaa, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guaja vermin, kalsium oksalat dan beberapa vitamin, terutama A, B dan C serta mineral. Penelitian juga menemukan bahwa jambu kluthuk merah mengandung fosforus, kalsium, besi, kalium, dan natrium.

Mengingat khasiatnya yang begitu besar, tak ada salahnya jika kita memanfaatkan lahan-lahan kosong yang ada untuk tanaman jambu biji ini. Apalagi jambu kluthuk dapat tumbuh didataran rendah seperti kawasan pantai sampai dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1.200 m diatas permukaan laut

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *