Mengapa Kita Perlu Minum Air 8 Gelas Per Hari ????

Anda pasti sering dikasih tahu atau disarankan untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari. Tanpa tahu alasan pasti dan medisnya, keluarga atau teman-teman anda pernah juga ngasih tahu tentang ini. Memang benar, di beberapa media informasi pun meminum air putih per harinya disarankan 8 gelas minimalnya. Namun, apakah anda  tahu alasannya jika kita kurang minum air putih?

Dehidrasi selalu menjadi perhatian utama ketika kita kekurangan air minum setiap harinya. Dehidrasi ini memang perlu diperhatikan, karena kondisi ini bisa membahayakan anda, bahkan bisa menyebabkan kematian. Beberapa gejala dehidrasi adalah menurunnya nafsu makan secara tidak wajar, sakit kepala, tubuh hingga jiwa pun cemas.

Kekurangan air putih bagi tubuh dapat mengganggu sistem pencernaan. Anda mengalami lapisan pada usus dan lambung, ini tentu akan menyebabkan asam lambung dan luka pada usus. Selain itu juga tubuh juga akan mudah lelah, metabolisme tubuh akan terganggu dan membuat sel-sel maupun jaringan tubuh tidak mampu bekerja secara maksimal.

Perhatian selanjutnya ada pada ginjal. Organ ini sangat penting untuk menyaring cairan di dalam tubuh, termasuk membuang racun-racun tubuh. Nah, kalo kekurangan air minum, anda akan memiliki ginjal yang tidak sempurna secara kerja, otomatis akan merusak sistem penyaringan zat yang tidak dibutuhkan bahkan nutrisi pun tidak bisa diserap oleh tubuh.

Jika anda pernah mendengar radang sendi, kondisi di mana cairan untuk penyusun tulang rawan dan ‘pelumas’ sendi akan sedikit. Jika hal ini terjadi, bisa mengalami reumatik dan osteoarthritis, sungguh kondisi yang tidak kita inginkan.

Selain itu juga, konsentrasi juga bisa berkurang karena kekurangan asupan oksigen. Salah satu yang menakutkan jika kekurangan air minum itu adalah mengalami halusinasi. Jadi, memang air putih itu penting tidak hanya untuk tubuh, namun juga untuk jiwa dan pikiran.

Mulai sekarang, anda yang masih tidak yakin akan minum air putih minimal 8 gelas perlu berpikir dua kali. Pola hidup sehat selalu dijadikan prioritas. Apalagi jika ini bisa diatasi dengan hal yang sederhana, yaitu rajin minum air putih.

Sumber : Google

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *