Manfaat Secangkir Kopi di Pagi Hari

Minum kopi di pagi hari tentunya itu adalah sesuatu yang sangat di idamkan oleh para penikmat kopi. Karena kopi yang memiliki aroma khas dan rasa yang mengesankan membuat para penikmat kopi selalu ingin menikmatinya. Selain kopi memiliki karakteristik cita rasa yang mengesankan, kopi juga memiliki banyak manfaat yang  luar biasa. Tentunya mengkonsumsi minuman yang di gemari dan bermanfaat bagi tubuh itu sangatlah langka. Maka sangatlah wajar apabila para penikmat kopi setiap tahunnya meningkat karena kopi punya cita rasa, aroma khas dan bermanfaat bagi  tubuh.

Perlu kita tahu, kopi adalah salah satu minuman yang kaya akan antioksidan dan sangat baik dalam melawan berbagai penyakit dalam tubuh. Kopi, juga merupakan minuman yang memiliki nutrisi terbaik untuk kesehatan otak.

Banyak nutrisi dari biji kopi yang terbawa sampai menjadi kopi yang kita minum. Satu gelas kopi mengandung Eiboflavan ( Vitamin B ): 11% of the RDA, Pantothenic Acid ( Vitamin B5 ): 6% of the RDA, Manganese and Potassium: 3% of the RDA, dan Magnesium and Niacin ( B3 ): 2% of the RDA.

RDA adalah singkatan dari Recommended Dietary Allowance, yaitu estimasi jumlah nutrisi (atau kalori) per hari yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh.
Meskipun kelihatannya tidak signifikan, kebanyakan orang meminum lebih dari 1 gelas kopi setiap harinya.
Apabila Anda minum 3-4 gelas per hari, jumlah nutrisinya menjadi semakin tinggi.

Di kutip dari laman medicalnewstoday.com, konsumsi secangkir kopi secara rutin dengan porsi yang tepat, hal ini bisa membantu seseorang memiliki energi dan semangat yang mengesankan untuk satu hari ke depan.

Peneliti di Inggris menemukan bahwa seseorang yang rutin konsumsi secangkir kopi di pagi hari memiliki risiko diabetes 11% lebih rendah jika dibandingkan mereka yang tidak konsumsi kopi. Peneliti juga menemukan bahwa seseorang yang rutin konsum kopi murni saat pagi selama 4 tahun berturut-turut, ia memiliki risiko 11% lebih rendah risiko jantung. Jika dibandingkan dengan teh serta anggur, kopi dikatakan sebagai minuman yang memiliki nutrisi lebih baik serta mengesankan.

Tapi ingat, meski kopi sangat baik dan bermanfaat untuk fisik juga psikis. Para ahli menyarankan agar konsumsi kopi tidak dilakukan secara berlebihan. Konsumsi kopi juga harus dilakukan dengan baik dan benar.kopi yang menyehatkan dan menurunkan berbagai risiko penyakit adalah kopi yang dikonsumsi tanpa campuran pemanis buatan atau sejenisnya yang mengandung bahan kimia. Kopi yang terlalu manis karena gula yang terlalu banyak itu mengandung tinggi kalori, dan tentu saja tidak menyehatkan. Kopi, akan lebih sehat jika ia dikonsumsi secara murni atau menggunakan gula jawa dan dinikmati setelah cukup hangat. Dan yang paling penting menikmati kopi tidak dengan kebiasaan yang berefek buruk bagi kesehatan, seperti meroko, kualitas tidur yang buruk, dan lain sebagainya.

Jadi, buat anda yang sangat suka dengan kopi dan tidak ingin melewatkan setiap paginya jangan lupakan manfaatnya. Untuk mendapatkan manfaat dari kopi, minuman yang memiliki aroma khas dan rasa yang mengesankan itu, anda harus pastikan untuk konsumsi kopi yang berkualitas  dengan konsumsi jumlah dan cara yang tepat.

Sumber : Google

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *