Sahabat S Radio, pegagan merupakan gulma yang sering dipandang sebelah mata. Namun ternyata ia memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Sejak lama tumbuhan yang memiliki nama latin centella asiatica ini dipercaya mampu meningkatkan kecerdasan otak. Penelitian yang dilakukan oleh Prof Veena Kalra dari Research dan development center, The Himalaya Drug Company, India membuktikan bahwa keluarga Umbelliferae itu berguna bagi anak yang mengalami keterbelakangan mental. Uji klinis yang dilakukan pada anak usia sekolah penderita ADHD atau kelainan otak yang dicirikan dengan ketidakmampuan melakukan tugas sederhana, hiperaktif, dan impulsive menunjukkan peningkatankonsentrasi dan gerak motorik yang lebih terkontrol setelah 6 bulan mengonsumsi ramuan herbal pegagan.

Serbuk tanaman merambat ini mampu meningkatkan intelegensia anak. Zat asiaticosida yang terdapat dalam pegagan berkhasiat menjadikan anak yang berperilaku pasif, pemalu, gelisah, menjadi periang , komunikatif, dan kooperatif. Senyawa golongan triterpenoid itu mampu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kewaspadaan. Cara kerjanya dengan melancarkan sirkulasi pasokan oksigen dan nutrisi sel ke otak. Selain itu daun pegagan juga mengandung senyawa alkaloid yang dapat memberikan energy bagi sel otak.

Selain bermanfaat bagi otak, ternyata pegagan juga mampu melemahkan bakteri lepra, mycrobacterium leprae, dengan mengikis bagian berlilin dinding luarnya. Dengan begitu baksil itu dapat dengan mudah ditumpas oleh tubuh atau obat lainnya.

Penelitian yang dilakukan oleh Boeteau dari Tuberculosis research center juga menunjukkan bahwa tanaman yang bersifat adaptif itu menghasilkan antibiotic yang aktif melawan baksil tuberculosis. Senyawa asiaticosida tidak hanya mampu menghambat pertumbuhan bakteri tuberculosis tapi juga berpotensi sebagai imunomodulator alias peningkat daya tahan tubuh.

Sumber : Ar-Risalah

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *