Aliran Superpanjang Dalam Tubuh Kita

Sahabat S Radio, bayangkan dalam tubuh kita terdapat sungai yang mengalir sepanjang 160 kilometer. Ya, sungai sepanjang itu adalah pembuluh darah tubuh kita. Hulu dan muaranya berada di satu tempat , jantung.

Pembuluh darah ibarat saluran irigasi yang super canggih. Saluran yang mampu mengaliri seluruh sel – sel tubuh dengan darah. Mengirim oksigen dan gula sebagai bahan bakar sel, lalu mengambil sisa – sisa pembakaran sel untuk dibuang.

Berawal dari jantung , darah dipompa keluar jantung menuju pembuluh nadi. Darah yang penuh dengan oksigen. Darah lalu mengalir menuju cabang – cabang pembuluh nadi yang yang lebih kecil, ke saluran organ – organ tubuh, tanpa kecuali. Hingga berujung di pembuluh kapiler, saluran terakhir dimana dimana darah langsung terhubung dengan sel. Disinilah , terjadi pertukaran oksigen dengan karbondioksida.

Perjalanan dilanjutkan. Darah yang kotor karena dipenuhi karbondioksida ini, dialirkan lagi menuju jantung. Melalui pembuluh balik yang terkecil, menuju pembuluh balik yang lebih besar, hingga berakhir dijantung.  Lagi – lagi jantung memompa darah kotor ke paru – paru. Disinilah karbondioksida dilepas, dan digantikan lagi dengan oksigen. Darah yang sudah bersih dan kaya oksigen, dikembalikan lagi ke jantung untuk dialirkan ke seluruh tubuh.

Jika seluruh pembuluh darah tubuh disambung menjadi satu, maka panjangnya mencapai 160 kilometer. Panjang yang bisa untuk mengelilingi bumi sebanyak 4 kali putaran.

Dan jantung adalah pompa yang luar biasa. Organ sebesar kepalan tangan ini terus berdenyut, sejak manusia masih berwujud janin, dan baru berhenti saat ruh manusia dicabut. Jantung mampu berdenyut 70x setiap menit, atau 100.800 kali sehari semalam. Setiap denyutannya, jantung mampu memompa darah sebanyak 59cc. Dari tiap denyut inilah, dalam sehari seluruh darah dalam tubuh mampu berkeliling 1.000 putaran. Subhanallah!

Sumber : Ar – Risalah

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *