Saat Harus Olahraga Malam

Sahabat S Radio,sibuk bekerja atau padatnya aktivitas di siang hari kadang memaksa orang untuk berolahraga pada malam hari. Tubuh yang sudah cukup lelah pun di paksa untuk beraktivitas kembali demi ” kesehatan “atau menyalurkan hobi. Apakah hal ini baik bagi kesehatan?

Secara alami tubuh memiliki ritme biologis yang dinamakan ritme sirkadian. Ritme ini sangat dipengaruhi oleh hormon melatonin yang kadarnya akan meningkat ketika hari mulai gelap dan menurun secara alamiah ketika hari menjelang pagi.

Ketika hormon melatonin meningkat, tubuh memberikan sinyal berupa rasa kantuk. Dan , itu sebenarnya merupakan pertanda bahwa sudah tiba waktu istirahat bagi organ – organ di dalam tubuh setelah bekerja keras di siang hari. Tidak dianjurkan untuk melakukan aktivitas yang membuat jantung berdetak lebih cepat.

dr. Michael Triangto SpKO dari RS Mitra kemayoran mengatakan bahwa jika paginya bekerja dan pulang malam hari , memang sebaiknya tidak melakukan olahraga. Pasalnya, hal itu akan menganggu waktu istirahat karena menjadi sulit untuk tidur.

Namun demikian, olahraga malam hari tidak dilarang sepenuhnya. Yang perlu diperhatikan adalah waktu serta jenis olahraga yang dilakukan. Sarannya, waktu terbaik untuk olahraga adalah sampai dengan pukul tujuh malam. Karena tubuh membutuhkan sekitar dua jam untuk kembali ke posisi normal setelah beraktivitas. Dan, semakin malam hormon melatonin akan semakin meningkat.

selain itu , olahraga harus dilakukan sesuai dengan kapasitas tubuh. Bila olahraga dilakukan secara berlebihan dan tidak sesuai dengan kapasitas tubuh, akibatnya akan terjadi penimbunan asam laktat yang menyebabkan badan menjadi pegal – pegal dan sulit tidur.

Yang tak kalah penting, minum harus cukup, sehingga proses pendinginan tubuh lebih cepat. Jadi suhu tubuh cepat kembali ke suhu normal. Juga dapat mengeliminasi asam laktat yang terbentuk lebih cepat. Hal ini yang membuat badan lebih nyaman.

Sumber : Ar – Risalah

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *