Hewan Tertinggi Di Dunia, Jerapah

Sahabat S Radio, bila gajah adalah hewan darat terbesar di dunia, jerapah adalah hewan tertinggi di dunia. Tinggi jerapah mencapai 6 meter. bagian terpanjangnya adalah lehernya. Dengan leher yang panjang ini,mereka bisa mencari dedaunan di pohon – pohon yang tinggi.

Saat minum air di sungai, posisi kepala jerapah jauh lebih rendah dari tubuhnya. Ini adalah hal yang wajar, sebab lehernya memang sangat panjang. Namun, pernahkah anda berfikir dan bertanya – tanya bagaimana jerapah bisa minum dengan posisi tersebut tanpa kesulitan? Coba renungkan sejenak. Apabila kita mencoba menurunkan kepala hingga ke bawah kita akan menjadi pusing sebab darah mengalir deras ke kepala dan menekannya. Tentu kita tidak akan bisa minum dalam kondisi demikian. Tapi jerapah bisa melakukannya!! Ini karena Allah SWT telah memberikan kelebihan khusus kepadanya. 

Penjelasannya adalah di dalam pembuluh darah di kepala jerapah terdapat katup kecil. Nah katup inilah yang mengatur dan mencegah tekanan darah yang tinggi di kepala. subhanallah!

Jerapah memiliki corak dan warna kulit yang unik. Corak tersebut sangat serasi dengan padang rumput, yakni habitat mereka. Hal ini membuat mereka sulit dikenali oleh para pemangsa seperti singa. Corak tersebut menjadi sarana pelindung diri yang sangat penting bagi jerapah.

 

Sumber : Buku  Keajaiban Ciptaan Allah

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *