Menguak Fenomena Alam, Lubang Hitam

Sahabat S Radio, lubang hitam merupakan salah satu fenomena alam semesta yang sangat menakjubkan. Agak sulit untuk mendefinisikan lubang hitam. Namun bisa dikatakan bahwa lubang hitam adalah pemusatan massa yang besar hingga sehingga menghasilkan gaya gravitasi ( gaya tarik ) yang luar biasa besar. Saking besarnya gaya gravitasi ini, lubang hitam mampu menarik apapun yang berada di  dekatnya.

Teori tentang adanya lubang hitam pertama kali diajukan oleh John Michell dan Pierre Simon Laplace pada abad ke 18. Kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh karl Schwarzschild pada tahun 1916. Istilah lubang hitam mulai terkenal setelah ilmuwan bernama John Archibald Wheeler sering menggunakannya pada ceramah – ceramah akademisnya.

Lubang hitam terbentuk ketika suatu objek langit ( misalnya bintang  ) tidak dapat bertahan dari tekanan gaya gravitasinya yang begitu besar sehingga hancur lebur. Tidak semua objek bisa berubah menjadi lubang hitam. Matahari dan bumi termasuk yang tidak bisa.

Tekanan gravitasi pada matahari dan bumi tidak cukup kuat untuk ” menghancurkan ” dirinya sendiri. Hanya bintang dengan massa yang sangat besar yang bisa hancur oleh gaya gravitasinya sendiri. Kehancuran bintang itu selanjutnya menimbulkan sebuah area gelap dengan kerapatan yang tidak terhingga dan medan magnet yang sangat kuat. Inilah yang kemudian disebut dengan lubang hitam.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, gaya tarik lubang hitam sangat besar. Tidak ada yang dapat lolos dari tarikan lubang hitam, bahkan cahaya dan radiasi elektronik sekalipun. Karena itulah lubang hitam ini begitu gelap. Cahaya sekecil apapun yang lewat akan langsung ditelan oleh lubang hitam dan tidak bisa keluar lagi. meskipun demikian , lubang hitam tidak menarik sesuatu yang sangat jauh darinya. Lubang hitam hanya menarik sesuatu yang melintas terlalu dekat dengannya.  Sungguh luar biasa ciptaan Allah ini.

Sumber : Buku Keajaiban Ciptaan Allah

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *