Keajaiban Pada Sabuk Van Allen

Sahabat S Radio, apakah anda tahu apa yang dimaksud Sabuk Van Allen? Bagi yang belum tahu, sabuk van allen adalah suatu lapisan yang terbentuk karena adanya medan magnet bumi. Lapisan ini diketahui keberadaannya pada tahun 1958 oleh James van Allen. Selanjutnya nama sang penemu turut menjadi bagian dari nama lapisan itu. Disebut ” sabuk ” karena memang bentuknya menyerupai sabuk yang menghubungkan kutub utara dengan kutup selatan.

Perlu diketahui, di luar angkasa sana banyak terdapat radiasi, diantaranya dipancarkan oleh matahari dan benda – benda langit lainnya. Radiasi tersebut sangat berbahaya bagi kehidupan dibumi. Matahari bahkan kadang – kadang menyemburkan energi raksasa yang disebut dengan jilatan api matahari, yang bisa mengenai bumi. Energi yang sangat besar ini mampu menghancurkan bumi beserta segala isinya.

Satu jilatan api matahari bisa memancarkan energi yang setara dengan 100 miliar bom atom. Padahal satu bom atom saja sudah bisa memusnahkan ratusan manusia. Deangan demikian, jilatan api matahari dengan mudah bisa mengahancurleburkan bumi. Namun kenapa bumi sampai sekarang masih tetap utuh dan selamat?

Salah satunya karena Sabuk van Allen telah melindungi bumi dari radiasi dan energi raksasa itu. Saat kita sedang tidur nyenyak di kamar kita masing – masing , sabuk van Allen ini sedang melindungi kita dari energi berbahaya di luar angkasa sana. Sabuk van Allen yang istimewa ini tentu saja merupakan ciptaan Allah SWT. Kita harus bersyukur atas anugerah Allah SWT ini.

Perlu anda tahu, planet – planet lain yang ada di dalam sistem tata surya ternyata tidak memiliki sabuk van allen. Hanya bumi yang memiliki medan magnet yang begitu kuat. Sehingga mampu membentuk lapisan pelindung itu. Sepertinya sabuk van allen memang khusus diciptakan hanya pada bumi. Fakta ini sungguh menakjubkan. Rupanya Allah SWT telah menciptakan bumi dengan sedemikian rupa sehingga bisa ditinggali oleh makhluk hidup, khususnya manusia. Subhanallah.

Sumber : Buku Keajaiban Ciptaan Alloh

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *