Mengurai keajaiban Pada Atmosfer

Sahabat S Radio, kali ini kita akan berbicara tentang lapisan atmosfer.  Namun sebelum menjelaskan lebih jauh , mari kita simak dulu firman Allah SWT berikut ini. ” Dia-lah Allah yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak menuju langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha mengetahui segala sesuatu “. ( Q.S. Al-Baqarah { 2 } : 29 ).

Dari ayat tersebut , kita bisa mengangkap sebuah pernyataan bahwa langit terdiri dari tujuh bagian. Dulu manusia kesulitan untuk memahami pernyataan itu. Namun kebenaran kalam Allah tersebut pada akhirnya terbukti seiring bertambah majunya ilmu pengetahuan dan teknologi manusia.

Bumi yang kita tempati ini diselubungi oleh lapisan udara yang disebut dengan atmosfer. Setelah melalui penelitian yang mendalam , para ahli ilmu alam menyimpulkan bahwa atmosfer terdiri dari tujuh lapisan. Ketujuh lapisan itu adalah troposfer, stratosfer, lapisan ozon, mesosfer, termosfer, ionosfer, dan eksosfer.

Lapisan – lapisan itu memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan di bumi. Mari kita kupas beberapa diantaranya. Troposfer merupakan lapisan yang terendah dan paling dekat dengan permukaan bumi. Kandungan udara dilapisan ini sangat ideal bagi keberlangsungan hidup makhluk hidup.

lapisan ozon menyerap sinar ultraviolet yang berbahaya bagi manusia. Sinar ultraviolet ini berasal dari luar angkasa, dipancarkan oleh berbagai benda langit. Dengan adanya lapisan ozon, manusia dan makhluk hidup lain terlindungi dari sinar tersebut.

Ionosfer yang merupakan lapisan terluar, melindungi bumi dari batu luar angkasa. gravitasi bumi menarik batu – batu tersebut dengan kencang. Namun batu – batu itu hancur pada lapisan ionosfer sehingga tidak sampai masuk dan merusak permukaan bumi. Segala puji bagi Allah yang menciptakan atmosfer beserta segala keajaiban dan manfaatnya.

 

Sumber : Buku Keajaiban Ciptaan Allah

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *