Keajaiban Penglihatan Pada Kucing

Sahabat S Radio, Anda pasti sering menjumpai hewan ini, atau bahkan mungkin memeliharanya. Ya, Kucing memang merupakan hewan peliharaan yang lucu. Sikapnya manis dan menggemaskan. Kalau lapar ia akan mengeong dengan wajah memelas. Saat ingin dimanja , ia akan menggesek – gesekkan badannya ke kaki kita. Benar – benar lucu!!

Sebagai makhluk hidup ciptaan Allah SWT, kucing punya banyak keistimewaan. Salah satunya adalah hewan ini memiliki penglihatan yang sangat tajam, bahkan saat gelap sekalipun. Hal ini berbeda dengan manusia. Tentu kita akan kesulitan melihat lingkungan sekitar dalam kondisi yang gelap, bukan? Berbeda dengan kucing, ia bisa berburu di tempat – tempat yang minim cahaya , sebab mampu melihat objek apapun dengan jelas.

Di dalam mata kucing terdapat lapisan tambahan tepat dibelakang retina. Cahaya yang masuk ke mata dan menembus retina selanjutnya akan mencapai lapisan tambahan tersebut. Kemudian, cahaya itu akan terpantul ke retina. Dengan begitu, cahaya melewati retina dua kali. Karena itulah penglihatan kucing tetap tajam meskipun berada diruangan yang sangat gelap.

Di tempat yang minim cahaya, biasanya mata kucing akan terlihat menyala. Pasti anda pernah melihatnya ,bukan? Kenapa sih bisa seperti itu? Ternyata ini berkaitan dengan lapisan tambahan yang kita bicarakan tadi. Cahaya yang dipantulkan oleh lapisan tersebut membuat mata kucing terlihat menyala.

Segala puji bagi Allah SWT karena telah menganugerahkan penglihatan yang tajam kepada kucing. Dengan kelebihan itu , kucing bisa leluasa mencari mangsa yang kebanyakan suka berkeliaran di tempat yang gelap, misalnya, tikus.

Sumber : Buku Keajaiban Ciptaan Allah

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *