Sahabat S Radio, lumba – lumba merupakan hewan mamalia  ( hewan menyusui ) yang hidup di air. Ia memiliki raut wajah yang ramah. Tidak hanya itu , sikapnya pun sangat bersahabat kepada manusia. Mungkin kita pernah mendengar berita yang mengabarkan tentang lumba – lumba yang menyelamatkan nelayan yang jatuh ke laut. Nah itulah salah satu bukti keramahannya.

Diawal tadi sudah disebutkan bahwa lumba – lumba termasuk hewan menyusui. Nah mungkin anda bertanya – tanya bagaimana cara induk lumba – lumba menyusui anaknya, padahal mereka hidup di air.? jawabannya adalah induk lumba – lumba menggerakkan otot dikelenjar susunya untuk menyemprotkan air susu ke dalam mulut anaknya. Ini adalah salah ” kreasi ” Alloh SWT sehingga ciptaanNya, yakni lumba – lumba bisa bertahan hidup dan berkembang biak di air.

Apakah anda tahu bahwa lumba – lumba itu buta dan tidak mumpunyai indra penciuman? Ya, lumba – lumba memang memiliki kelemahan ini , namun sebagai gantinya  Alloh telah menganugerahkan pendengaran yang sangat tajam kepada mereka.

Beginilah cara lumba – lumba melihat. Mereka akan mengeluarkan suara ( tidak dapat di dengar manusia ), kemudian suara itu akan menyebar dalam bentuk gelombang suara didalam air. Suara ini akan memantul setelah membentur suatu benda , dan kemudian di dengar oleh lumba – lumba . Akhirnya lumba – lumba pun bisa mengetahui apa saja yang ada di sekitar mereka. Subhanalloh.

Sistem pernafasan lumba – lumba mirip dengan manusia. Hewan ini memiliki hidung diatas kepalanya. Bila hendak menyelam, mereka akan menghirup udara di atas permukaan laut sebanyak mungkin, lalu menahannya di dalam paru – paru. Setelah itu barulah mereka menyelam dengan leluasa di dalam laut.

Lumba – lumba sangat pandai berenang. Kulitnya licin dan halus sehingga lumba – lumba bisa meluncur dengan lancar di dalam laut. Selain itu , bagian mulut lumba – lumba sangat pas untuk berenang dengan cepat. Bentuk mulut lumba – lumba sangat yang khas ini menjadi inspirasi bagi manusia untuk mendesain kapal laut.

 

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *