Tupai, Si Kecil Bergigi Kuat

Sahabat S Radio, Tupai adalah hewan kecil yang sangat pandai melompat dari pohon yang satu ke pohon yang lain. Bagaimana mereka bisa melakukannya? Alloh SWT memang telah memberikan kelebihan ini kepada mereka. Tupai memiliki kuku kecil yang tajam sehingga bisa memanjat pohon dengan mudah. Matanya jeli dan bisa memperkirakan jarak antar pohon dengan cepat.

Kaki – kaki tupai begitu lincah sehingga bisa melompat dengan kuat. Saat melompat, ia meregangkan kaki – kaki nya sehingga bisa melayang dan terlihat eolah – olah terbang. Kelebihannya itu membuatnya bisa jatuh bebas dari dahan setinggi 9 meter dengan selamat dan tanpa luka sedikitpun. Wow benar – benar menakjubkan!!

Tupai memiliki ekor yang besar, tegak, berumbai, dan panjang. Panjang ekor tupai bahkan hampir sama dengan tubuhnya. Rupanya ada alasan tertentu kenapa ekor tupai memiliki kelebihan demikian. Dengan bantuan ekor itu, tupai mampu menjaga keseimbangan dan mengatur arah saat melayang diudara. Subhanalloh!

Tahukah anda apa makanan tupai? Benar sekali, makanan mereka adalah buah – buahan yang keras seperti kenari, hazenut, atau buah cemara. Semua itu tumbuh di pucuk pohon yang tinggi. Namun, tupai bisa mendapatkannya karena lihai memanjat pohon dan melompat dengan gesit. Bayangkan apabila tupai tidak bisa memanjat pohon. Tentu mereka akan kesulitan mendapatkan makanan sehingga lama kelamaan akan punah.

Perlu anda ketahui , kenari dan makanan tupai lainnya sangatlah keras. Bahkan manusia memerlukan alat khusus untuk memecahnya. Namun tupai melakukannya cukup dengan gigi pemberian Alloh SWT.

Gigi tupai memang bisa aus dan tanggal ( lepas ) karena sering dipakai untuk menggigit biji yang keras. Namun, gigi yang lepas itu akan segera tumbuh kembali. Mahasuci Alloh yang telah memberikan kelebihan tersebut kepada tupai sehingga tupai bisa bertahan hidup dengan segala tantangan di lingkungannya.

 

Sumber : Buku keajaiban Ciptaan Alloh

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *