keajaiban Pada Usus Halus

Sahabat S Radio, makanan yang sudah dicerna di dalam lambung selanjutnya akan masuk ke usus halus. Organ yang menjadi bagian dari saluran pencernaan ini memang terletak setelah lambung dan sebelum usus besar.

Usus halus terdiri dari tiga bagian, yakni usus dua belas jari ( duodenum ), usus kosong ( jejunum ), dan usus penyerapan ( ileum ). Di dalam usus halus terjadi penyerapan sari – sari makanan yang diambil dari gumpalan bubur yang di salurkan oleh lambung.

Panjang usus halus kurang lebih 6 meter. Permukaannya di rapatkan menjadi ratusan lipatan , dan banyak terdapat ribuan tonjolan serta lekukan yang disebut dengan jonjot – jonjot usus ( vili ). Fungsi vili ini adalah memperluas permukaan penyerapan. Dengan demikian, proses penyerapan sari- sari makanan benar – benar maksimal.

Apabila permukaan usus halus tidak berupa lipatan, maka akan menghabiskan banyak sekali ruang. Padahal , ruang di dalam tubuh manusia sangat terbatas. Setiap organ harus berbagi ruang dengan organ lainnya.

Alloh telah menyususn organ di dalam tubuh kita dengan sangat efektif. Bayangkan , usus halus yang panjangnya 6 meter bisa berada di dalam tubuh kita bersama dengan puluhan organ lain. Tanpa penyusunan yang rapi, mustahil semua itu bisa terjadi. hanya Alloh SWT yang mampu melakukannya.

Dinding usus yang penuh dengan lekukan apabila di ratakan maka akan terbentuk permukaan yang luas sekali. Perkiraan ukurannya mencapai 4.500m2. Tentu ini adalah ukuran yang sangat luas, kurang lebih setara dengan lapangan sepak bola. Subhanalloh!! Permukaan sebesar itu sangat berguna untuk menyerap sari – sari makanan sehingga mampu mencukupi kebutuhan sel – sel tubuh.

Lagi – lagi kita dibuat tercengang dengan fakta tentang usus halus ini. Sulit membayangkan sebuah lapisan seluas lapangan sepak bola bisa masuk ke dalam tubuh. Inilah salah satu bukti kekuasaan Alloh SWT.

 

Sumber : Buku Keajaiban Ciptaan Alloh

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *