Manfaat dan Keajaiban Pada Petir

Sahabat S Radio, hujan yang sangat deras biasanya sering diiringi oleh kilatan besar di langit. Nah, itulah yang dinamakan petir. Beberapa detik setelah petir menyambar, terdengar suara menggelegar yang memekakkan telinga. Semua itu mungkin terasa menakutkan. Namun, sebenarnya kita tidak perlu takut , sebab petir merupakan fenomena alam yang wajar.

Petir adalah loncatan listrik bebas yang terjadi karena adanya timbunan listrik yang berlawanan muatan, yakni muatan negatif atau elektron, dan muatan positif atau proton. Energi yang dilepaskan oleh satu sambaran petir sangat besar. Suhu yang berada pada jalur sambaran petir dapat mencapai 10.000 derajat celcius. Anda tentu tahu bahwa suhu pada angka tersebut sangatlah panas. Sekadar perbandingan, pada angka 100 derajat celcius, air sudah mendidih.

Kilatan petir yang turun ke bumi memiliki kecepatan yang luar biasa , yakni mencapai 96.000 km/jam. Kilatan itu akan disusul oleh suara gemuruh yang menggelegar. Perbedaan waktu kemunculan kilatan dan suara tersebut disebabkan oleh perbedaan antara kecepatan cahaya dan kecepatan suara. Cahaya memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibanding suara.

Alloh SWT tidak pernah menciptakan sesuatu yang tanpa maksud dan manfaat, begitu pula yang terjadi pada petir. Mungkin anda bertanya – tanya , memangnya apa sih manfaat petir? Nah anda akan segera mengetahuinya setelah membaca penjelasan berikut ini.

Udara yang ada di atmosfer bumi ini sebangian besar terbentuk dari uap nitrogren. Jika dihitung – hitung lagi, dalam setiap 1 km2 udara terdapat kira – kira 8.500.000 ton nitrogen. Itu semua merupakan nutrisi yang sangat berharga bagi tumbuhan . Namun tumbuhan tidak bisa memanfaatkannya secara langsung sebelum terjadi proses perubahan kimiawi tertentu. Nah petirlah yang berperan dalam melaksanakan proses tersebut . Petir dengan kilatan listriknya menghasilkan reaksi untuk membantu tercernanya unsur nitrogen bagi tumbuhan.

Maha Suci Alloh yang telah menciptakan petir dengan segala manfaat dan keajaibannya.

Sumber : Buku Keajaiban Ciptaan Alloh

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *