Sahabat S Radio, betapa nyamannya bersantai di bawah pohon yang rindang saat hari sedang panas. Kira – kira apa ya yang membuat nyaman? Betul sekali, selain pohon yang meneduhkan, juga karena adanya angin sepoi – sepoi yang menyejukkan.

Angin tampaknya sepele, namun sebenarnya istimewa. Mari kita coba sebutkan berbagai fungsi angin. Berkat angin, nelayan bisa pergi berlayar mencari ikan di laut. Kapal layar tersebut digerakkan oleh angin. Selain itu, angin juga bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Hal ini terjadi pada kincir angin. Satu lagi, angin turut membantu mengeringkan pakaian ibu yang sedang dijemur.

Saking istimewanya angin, salah satu ayat dalam Al-Qur’an menjelaskan tentang fenomena alam ini. Alloh SWT berfirman,“Dan Kami telah meniupkan angin untuk mengawinkan dan Kami turunkan hujan dari langit lalu Kami beri minum kamu dengan air itu dan sekali – kali bukanlah kamu yang menyimpannya.” ( Q.S. Al-Hijr { 15 } ; 22 )

Ayat di atas menjelaskan bahwa angin memiliki sifat mengawinkan. Dulu manusia tidak tahu dan bingung tentang apa yang dimaksud dengan sifat mengawinkan yang dimiliki angin. Namun seiring berkembangnya teknologi, kebenaran petunjuk Al-qur’an tersebut akhirnya terbukti dan terang benderang.

Para ahli meteorologi menemukan fakta bahwa angin sangat berperan dalam proses pembentukan hujan. Angin menyatukan / mengawinkan uap air yang melayang di udara dengan partikel – partikel yang dibawanya dari laut.

Partikel – partikel itu merupakan campuran dari gelembung udara yang pecah diatas permukaan laut, dengan debu daratan yang terbawa oleh angin. Partikel yang juga disebut dengan aerosol inilah yang dibawa oleh angin ke atas hingga menyatu dengan uap air. Penyatuan ini selanjutnya menghasilkan awan hujan. Ketika kadar air di dalam awan tersebut sudah tinggi, maka awan ini akan pecah dan turun menjadi hujan.

Tanpa angin jelas hujan tidak akan terjadi. Padahal hujan sangat berarti bagi kehidupan manusia. Maha suci Alloh yang telah menciptakan angin dengan segala kelebihan dan manfaatnya.

Sumber : Buku keajaiban Ciptaan Alloh

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *