Rahasia Laut Dengan Sejuta Misterinya

Sahabat S Radio anda suka main ke pantai? Wah, pasti menyenangkan sekali melihat hamparan laut yang begitu luas dari pinggir daratan. Atau mungkin anda pernah naik kapal laut dan menyaksikan keindahan laut dari tengah? Wah, rasanya pasti luar biasa. Kuasa Alloh SWT begitu nyata terlihat saat kita memandang luasnya lautan. Nah, tahukah anda, ternyata lautan menyimpan keajaiban, lho!! Mari simak penjelasan berikut ini.

Lautan yang saling bersebelahan rupanya   bisa memiliki sifat air yang berbeda. Ajaibnya, keduanya benar – benar terpisah dan tidak tercampur satu sama lain. Bila diteliti dengan seksama, seolah – olah ada dinding tipis yang memisahkan keduanya. Ini adalah hal yang menakjubkan, sebab umumnya sesama air mudah bercampur.

Coba deh anda lakukan percobaan sederhana berikut ini. Campurkan air teh pekat dengan air putih biasa. Niscaya ke dua air itu akan bercampur rata membentuk air yang kadar tehnya lebih rendah  dari pada air teh pekat. Ini menunjukkan bahwa dua jenis air tersebut cepat dan mudah bercampur. Namun, hal ini tidak terjadi pada fenomena unik di lautan yang bersebelahan.

Para ilmuwan beberapa tahun yang lalu berhasil menemukan penyebab kenapa dua jenis air pada laut yang bersebelahan bisa benar – benar terpisah. Rupanya hal itu disebabkan oleh gaya fisika yang disebut dengan ” tegangan permukaan “. Kedua laut yang terpisah memiliki perbedaan massa jenis sehingga menimbulkan tegangan permukaan. Nah, tegangan permukaan ini mencegah tercampurnya lautan yang bersebelahan itu. Unik sekali, ya!!

Penemuan para ahli laut itu sebenarnya tidak terlalu mengagumkan, sebab rupanya Al-Qur’an sudah menjelaskannya berabad – abad yang lalu. Saat itu manusia belum menyadarinya karena keterbatasan akal dan teknologi. Al-Qur’an memang sungguh luar biasa. Mukjizatnya begitu mengagumkan. Inilah ayat Al-Qur’an yang di maksud.

” Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu, antara keduanya ada batas yang tak dapat dilampaui oleh masing – masing”. ( Q.S. Ar-Rahman { 55 } : 19 – 20 )

Maha suci Alloh yang telah menciptakan lautan yang begitu luas beserta keajaibannya.

Sumber : Buku Keajaiban Ciptaan Alloh

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *