keajaiban Pada Lambung

Sahabat S Radio, lambung merupakan salah satu organ pencernaan. Bentuknya seperti kantung, terletak di bawah sekat rongga badan. Lambung menjadi tempat dimana makanan dicerna hingga berwujud seperti bubur yang sangat lembut.

Lambung bisa memecah makanan menjadi bagian – bagian yang sangat kecil dengan menggunakan berbagai cairan atau enzim, salah satunya adalah asam hidroklolat. Asam ini sangat kuat sehingga mampu melelehkan atau menghancurkan apapun yang bersentuhan dengannya.

Makanan yang dikunyah di mulut, dan masuk ke dalam lambung masih terlalu besar. namun saat tiba di lambung, semua makanan itu akhirnya hancur oleh asam hidrokolat sehingga menjadi partikel – partikel yang sangat kecil. Bentuknya seperti gumpalan bubur. Selanjutnya gumpalan bubur itu masuk ke usus untuk diserap sari – sari makanannya.

Tanpa asam hidrokolat, lambung bisa rusak karena terluka oleh makanan yang masih kasar, dan beberapa makanan yang masih utuh karena tidak tergerus dengan baik oleh gigi. Selain itu, makanan di dalam lambung akan sulit tercerna sehingga tidak bisa diperoleh sari – sari makanan yang sangat diperlukan tubuh. Namun semua itu tidak terjadi karena Alloh SWT telah merencanakan sistem pencernaan kita sedemikian rupa sehingga begitu sempurna.

Supaya asam hidrokolat bisa menyebar secara merata dalam proses pemecahan makanan, lambung melakukan gerakan – gerakan kontraksi setiap beberapa detik. Dengan begitu, makanan yang ada di dalamnya teraduk dengan sempurna. Gerakan tersebut terjadi begitu saja tanpa perlu kita kendalikan. Hal ini sangat memudahkan kita. Apabila kita harus mengendalikannya, maka sewaktu – waktu kita bisa lupa dalam melakukan gerakan itu., mengingat lalai adalah salah satu sifat manusia. Hal ini sangat tidak baik, sebab makanan di dalam lambung jadi tidak bisa hancur seluruhnya.

Tadi sudah disebutkan bahwa asam hidrokolat menghancurkan apapun yang disentuhnya. Mungkin anda bertanya, kenapa lambung tidak ikut hancur oleh ciaran itu? nah ini, karena Alloh menciptakan lambung dengan begitu sempurna. Ada cairan lain yang disebut mucus yang melindungi lambung sehingga lambung tidak hancur oleh asam hidrokolat. Subhanalloh.

 

Sumber : Buku Keajaiban Ciptaan Alloh

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *