Yuk Kita Belajar Mengenal Si Besar , Gajah

Saat melihat gajah, pasti anda merasa takjub, sebab hewan ini sangat besar!! Ya, gajah merupakan hewan darat terbesar didunia. Tingginya bisa mencapai 3,5 meter, dan beratnya bisa mencapai 6 ton.

Walaupun bobot tubuh gajah sangat berat, namun ia terlihat mampu berjalan dengan ringan. Ini karena pada telapak kakinya terdapat lapisan tebal atau bantalan berupa jaringan kenyal. Bantahan ini mampu menyebarkan efek tekanan dari tubuh gajah sehingga gajah tidak terlalu merasakan guncangan akibat berat badannya sendiri. Tidak heran bila gajah mampu berjalan dalan jarak jauh, meskipun tubuhnya sangat berat.

Tahukah anda, gajah bisa berkomunikasi dengan sesama temannya pada jarak sejauh 4 km, lho. Ini bisa terjadi karena mereka menggunakan sinyal infrasonik dalam berkomunikasi. Sinyal ini tidak terdengar oleh manusia, namun gajah dan beberapa hewan lain seperti ikan paus mampu mendengarnya. Gajah menggunakan bahasa khusus yang diyakini hanya bisa dimengerti oleh sesama gajah.

Gajah memiliki belalai panjang yang menjadi ciri khas utamanya. Belalai ini memiliki beragam fungsi, diantaranya membaui, menggenggam, mengangkat sesuatu yang berat, mengisap dan menyemprotkan air, dan sebagainya. Belalai gajah sangat kuat , tetapi juga bisa melakukan kegiatan yang halus, misalnya mengambil sebutir kacang kecil. Ini karena belalai tersebut memiliki otot yang sangat banyak, yakni mencapai 50 ribu otot. Subhanallah.

Gajah memiliki kulit yang jauh lebih tebal daripada manusia. Karena itu gajah tidak bisa berkeringat. lalu, bagaimanakah cara gajah mendinginkan diri? ini pertanyaan bagus. Apabila manusia mendinginkan diri dengan mengeluarkan keringat, maka gajah melakukannya dengan menyemprotkan air ke tubuh mereka.  namun apabila tidak menemukan air, maka mereka akan menggunakan telinganya yang lebar itu sebagai kipas. Pembuluh darah tipis yang ada di telinganya juga turut menyegarkan tubuh mereka.

Sahabat S Radio, kelebihan – kelebihan yang dimiliki gajah sesuai dengan kebutuhannya. Tentu hal ini tidak terjadi begitu saja, tetapi sengaja diciptakan , siapa lagi kalau bukan oleh Allah SWT. Mahasuci Alloh dengan segala kesempurnaan-Nya.

Sumber : Buku Keajaiban Ciptaan Allah

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *