Dan kami telah menjadikan di bumi ini gunung – gunung yang kukuh agar ia ( tidak ) guncang bersama mereka, dan kami jadikan ( pula ) di sana jalan – jalan yang luas, agar mereka mendapat petunjuk.” ( Q.S. Al-Anbiya’ { 21 } : 31 )

Ayat – ayat Al-Qur’an diatas menjelaskan bahwa gunung diciptakan oleh Alloh SWT dengan maksud tertentu, yakni agar bumi tidak mudah berguncang. Nah, supaya anda lebih paham, mari ikuti penjelasan berikut ini.

Menurut para ahli geologi, gunung muncul sebagai hasil dari pergerakan dan tumbukan lempengan – lempengan raksasa yang membentuk kerak bumi. Saat dua lempengan raksasa itu bertubrukan, lempengan yang lebih lemah mengarah ke atas, sementara lempengan yang lebih kuat mengarah ke bawah.

Lempengan yang mengarah ke atas selanjutnya membentuk lipatan, dan kemudian terbentuklah gunung dan dataran tinggi. Adapun lempengan yang dibawahnya menghujam masuk ke arah inti bumi. Dengan begitu, gunung ibarat paku yang menjaga permukaan bumi dari goncangan – goncangan.

Alloh SWT bersabda,“Bukankah Kami telah menjadikan bumi sebagai hamparan, dan gunung – gunung sebagai pasak?”( Q.S. An-Naba’ { 78 } : 6-7 )

Perlu diketahui bahwa penemuan geologi yang menyatakan bahwa gunung berfungsi sebagai pasak yang menahan goncangan baru diketahui beberapa tahun terakhir. Sementara itu, Al-Qur’an sudah menyampaikannya sejak berabad – abad yang lalu. Hal ini menjadi salah satu dari banyak bukti yang menunjukkan mukjizat A-Qur’an.

oh iya, mungkin anda bertanya – tanya, apakah permukaan bumi yang kita diami ini bergerak-gerak sehingga perlu ditahan oleh gunung? Jawabannya adalah, iya. Kita menempati bagian bumi yang disebut dengan kerak bumi. Bagian ini berada diatas lapisan magma bumi. Apabila tidak ditahan, maka kerak bumi bisa terombang – ambing dan menyebabkan gempa yang besar.

Segala puji bagi Alloh yang telah menciptakan gunung sehingga permukaan bumi tidak mudah berguncang. kalau tidak ada gunung, makhluk hidup yang ada dibumi pasti akan binasa, termasuk manusia.

Sumber : Buku Keajaiban Ciptaan Alloh

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *