Rahasia Menakjubkan Dari Seekor Lebah

Sahabat S Radio, apakah anda suka madu? Ya, pasti sebagian dari anda menyukainya, sebab madu menyehatkan tubuh dan rasanya enak.

Nah seperti yang kita tahu, madu dihasilkan dan dikumpulkan oleh lebah. Tahukah anda, hewan ini benar – benar menakjubkan, lho!! Mereka adalah pekerja keras. Mereka mengumpulkan nektar dari bunga – bunga lalu mengolahnya di sarang hingga menjadi madu. Anda tahu nektar kan?? Betul sekali, nektar adalah cairan manis yang terdapat pada bunga.

Untuk mengumpulkan nektar dan menghasilkan 1 kg madu, lebah harus mengadakan perjalanan 90.000 – 180.000 kali. Mereka biasanya mencari bunga hingga sejauh 3 km. Jika dihitung, maka lebah menempuh jarak ( 3 x 180.000 ) km, dan itu kurang lebih sama dengan terbang sejauh 7 kali keliling bumi. Luar biasa!!

Ketika seekor lebah menemukan sumber makanan atau bunga – bunga yang mengandung nektar, ia akan segera memberitahu teman – temannya dengan cara yang unik. Ia memberi isyarat gerak dalam bentuk tarian khusus. Teman – temannya akan memperhatikannya dengan seksama, hingga akhirnyabisa mengetahui arah dan posisi sumber makanan. Selanjutnya mereka akan menemukan sumber makanan itu dengan mudah. Wowww…benar – benar menakjubkan!

Para lebah selalu menjaga suhu sarang mereka pada sekitar 35 derajat celcius. Jika suhu lingkungan panas, lebah akan mengerumuni sarangnya sambil mengipasi sarang itu dengan sayap mereka. Ini bertujuan untuk menurunkan suhu di dalam sarang. Dengan begitu, madu yang di simpan di sarang pun awet dan terjaga kualitasnya. Bagaimana lebah bisa mengetahui cara yang demikian untuk menjaga suhu sarangnya? Tentu atas petunjuk Alloh SWT.

Alloh berfirman,” Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah, buatlah sarang – sarang di bukit – bukit, di pohon – pohon kayu, dan di tempat – tempat yang dibikin manusia, kemudian makanlah dari tiap – tiap ( macam ) buah – buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan ( bagimu )…” ( Q.A. An-Nahl { 16 } :68 – 69 ).

 

Sumber : Buku Keajaiban Ciptaan Alloh

 

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *