Belajar Mengetahui Rahasia Di balik Kulit

Sahabat S Radio, kulit merupakan salah satu alat ekskresi ( pengeluaran ), sebab mengeluarkan keringat yang berisi banyak zat yang tidak berguna bagi tubuh. Didalam kulit memang banyak terdapat kelenjar keringat. Seberapa banyak? Anda akan mengetahuinya setelah membaca bagian ini. Bersiap – siaplah untuk tercengang dan mengagumi kebesaran Alloh SWT yang telah menciptakan kulit.

Kulit ada dibagian tubuh paling luar, dan karena itu menjadi pihak yang pertama menerima rangsangan, seperti dingin, panas, tekanan dan sebagainya. Salah satu fungsinya memang sebagai indra peraba. bagaimana kulit bisa begitu peka sehingga bisa menerima berbagai rangsangan?

Jawabannya adalah karena kulit mengandung banyak sel. Bayangkan, dalam setiap 1 cm kubik kulit, ada sekitar 3 miliar sel, 3 ribu diantaranya merupakan sel saraf indra peraba!! selain itu ada 100 kelenjar keringat, 15 kelenjar minyak, 10 saluran kapiler, dan 1 meter saluran pembuluh darah. Semua itu terangkum dalam sebuah ruang kulit yang hanya 1 cm kubik !! sungguh, tidak ada yang bisa melakukannya kecuali Alloh SWT.

Oh iya, kulit juga mengatur suhu tubuh. Misalnya, saat lingkungan panas, keringat akan keluar dengan cara penguapan. Penguapan ini akan menurunkan suhu dipermukaan kulit sehingga tubuh kita menjadi lebih dingin dan terjaga suhunya. Sebakinya saat lingkungan dingin kulit akan meminimalkan keringat yang keluar sehingga tubuh kita tubuh kita tetap hangat.

Kulit memiliki banyak pori – pori yang menjadi tempat keluarnya keringat. Ajaibnya , air tidak bisa menembus kulit sehingga sebagian bagian dalam tubuh terlindungi dengan baik. Kulit cukup tebal, namum juga sangat lentur sehingga kita bisa leluasa bergerak tanpa perlu khawatir kulit rusak karena tertarik – tarik. Itu semua adalah hal yang yang sangat luar biasa. Manusia dengan teknologi secanggih apa pun tidak mampu menciptakan kulit. Hanya Alloh SWT yang mampu menciptakannya.

Sumber : Buku keajaiban Ciptaan Alloh

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *