Yuk, Belajar Mengenal Si Cantik, Angsa…

Sahabat S Radio, Angsa adalah hewan yang sangat anggun. padahal sesaat sebelum menetas , hewan ini memiliki tampilan yang jelek, yakni berleher pendek dan berbulu kusam. Namun Alloh SWT Maha Adil. Angsa yang sudah dewasa terlihat begitu indah dengan leher panjang dan bulu putih nan mempesona. Alloh SWT berfirman, ” Yang demikian itu , ialah Tuhan yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata , Yang Maha Perkasa, Maha Penyanyang, Yang memperindah segala sesuatu yang Dia ciptakan dan yang memulai penciptaan manusia dari tanah,” ( Q.S. As-sajdah { 32 }: 6-7 )

Angsa sangat pandai berenang. Itu karena telapak kakinya berselaput sehingga ia bisa mengayuh dengan cepat. Kelebihan ini sangat membantunya dalam mencari makanan di rawa – rawa. Terkadang ia menyelam , kemudia meraih tanaman – tanaman di dalam rawa dengan bantuan lehernya yang panjang. Maha Besar Alloh yang telah menganugerahkannya kelebihan – kelebihan itu sehingga angsa bisa leluasa mencari makan.

Saat mencari makan di dalam rawa, sungai atau kolam, angsa biasanya mengaduk – aduk tanah di bagian dasar. Nah, tanah yang gembur itu sangat baik bagi pertumbuhan beberapa jenis tanaman , yakni melalui perantara angsa. Subhanalloh.

Saat musim dingin tiba, rombongan angsa akan berpindah tempat. Mereka terbang bersama – sama dengan membentuk formasi ” V “di udara. ini adalah cara mereka supaya bisa terbang dengan ringan. Terpaan angin di langit bisa membuat angsa lelah, karena itu memerlukan formasi khusus . Bagaiman cara angsa bisa menemukan dan melakukan cara cerdas tersebut/ tentu saja atas petunjuk Sang pencipta , Alloh SWT.

Alloh SWT berfirman, ” Tidakkah mereka memperhatikan burung – burung yang mengembang kan dan mengatupkan sayapnya diatas mereka? Tidak ada yang menahannya ( di udara ) selain Yang Maha Pengasih. Sungguh, dia Maha Melihat segala sesuatu. ( Q.S. Al-Mulk { 67 } : 19 )

Sumber : Buku keajaiban Ciptaan Alloh

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *