Ini Dia Jenis Tanaman Hias yang Tak Perlu Disiram Setiap Hari

Untuk anda yang sibuk atau malas bergerak namun ini memelihara tanaman hias, sembilan jenis tanaman hias ini akan cocok untukmu!

Tak banyak yang tahu, ternyata ada berbagai jenis tanaman hias yang tidak perlu disiram setiap hari namun tetap tumbuh dengan baik. Tanaman hias ini akan cocok untuk kamu yang kerap lupa atau malas menyiram tanaman setiap hari.

Berikut jenis tanaman hias, yang tak perlu disiram setiap hari namun tetap tumbuh:

1. Lidah Mertua

Lidah mertua atau snake plants menjadi salah satu jenis tanaman yang tidak perlu disiram setiap hari.  Bahkan, kamu bisa meninggalkan jenis tanaman hias ini hingga 2-3 minggu tanpa perlu disiram.

Selain perawatan yang mudah, lidah mertua juga diketahui bisa meningkatkan kualitas udara dalam ruangan menjadi lebih bersih. Anda bisa meletakkan lidah mertua di teras rumah atau ruangan keluarga.

2. Bougenville

Bunga bougenville atau bunga kertas juga masuk dalam deretab tanaman yang tidak harus disiram setiap hari. Pohon dengan bunga berwarna cerah ini biasanya tumbuh di halaman rumah.  Meski demikian, anda harus menyiram bunga bougenville yang baru tumbuh agar akarnya kuat. Setelah akar dan batang kuat, kamu bisa menyiramnya kembali setelah tanah kering.  Hindari menyiram bougenville jika tanah masih basah, agar akar jenis tanaman hias ini tidak cepat busuk.

3. Begonia

Begonia juga menjadi jenis tanaman hias indoor, yang tidak perlu disiram setiap hari. Tanaman yang juga memiliki bunga cantik ini bisa bertahan hidup dalam kondisi minim air. Bahkan, anda tidak perlu menyiram terlalu sering karena begonia sensitif terhadap air yang berlebih.  Tunggu hingga daunnya sedikit layu, sebelum menyiramnya kembali dengan air yang cukup.

4. Pohon Daun Dolar

Pohon daun dolar atau Zamioculcas zamiifolia, sempat menjadi buruan pencinta tanaman selama 2020.  Selain untuk memperindah dekorasi ruangan, jenis tanaman hias ini juga dipercaya membawa hoki bagi pemiliknya.  Tanaman dengan daun berbentuk oval ini, juga bisa tumbuh di tempat yang minim cahaya dan air.  Bahkan, pohon daun dolar lebih menyukai tanah yang kering dan tidak terlalu lembap. Anda bisa menyiram tanaman ini, ketika tanah di dalam pot sudah mengering atau sekitar satu kali sebulan.

5. Lidah buaya

Jenis tanaman hias lainnya yang juga tak perlu disiram setiap hari adalah lidah buaya. Selain mempercantik dekorasi ruangan, lidah buaya juga dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Perawatan lidah buayacjuga cenderung mudah, anda tak perlu terlalu sering menyiramnya.  Sebab, tanaman ini memiliki sifat yang tahan udara panas dan tanah kering. Anda cukup menyiram satu kali dalam 2-3 minggu saja.

6. Sukulen Tasbih

Sukulen tasbih sudah lama dikenal sebagai salah satu jenis tanaman hias yang tak membutuhkan air terlalu banyak. Justru semakin sering disiram akan membuat akar tanaman ini jadi cepat membusuk.  Oleh karena itu, sukulen tasbih akan cocok untuk anda yang sering lupa merawat tanaman.

Tanaman jenis sukulen cenderung memiliki daun tebal, yang berfungsi menyimpan cadangan air selama 3-4 minggu. Selain itu, sukulen juga menyukai udara yang kering dengan tanah tidak terlalu basah. Jadi, anda cukup menyemprotnya dengan air secukupnya sebanyak satu atau dua kali seminggu.

7. Nolina

Tanaman dari Meksiko ini juga termasuk ke dalam tanaman yang tidak harus disiram setiap hari. Nolina atau ponytail palm memiliki daun panjang dan kurus dengan batang besar. Berkat batangnya yang besar, jenis tanaman hias ini bisa menampung air sehingga anda tidak perlu menyiramnya terlalu sering. Untuk merawat nolina, cukup meletakkannya di tempat dengan sinar matahari dan siram 1-2 minggu sekali saja.

8. Lili Paris

Lili paris juga masuk dalam jenis tanaman hias yang tidak perlu disiram terlalu sering. Tanaman dengan nama latin Chlorophytum comosum ini juga berfungsi untuk menjernihkan udara di dalam ruangan. Untuk merawat lili paris, cukup dengan meletakkannya di tempat sinar matahari langsung dan siram satu kali seminggu. Namun, pastikan anda mengganti tanahnya jika sudah mulai mengeras.

9. Dracaena

Jenis tanaman hias terakhir yang tak perlu disiram setiap hari adalah dracaena. Tumbuhan dari Madagaskar ini bisa hidup di tanah yang sedikit air dan minim cahaya matahari. Hal itu membuatnya cocok diletakkan di dalam ruangan seperti kantor, kamar, atau ruang keluarga.

Meskipun dapat hidup di tempat minim cahaya, dracaena juga perlu dijemur di tempat dengan cahaya tidak langsung tiga minggu sekali.  Selain itu, kamu juga cukup menyiram 2-3 kali dalam seminggu.

Itulah beberapa jenis tanaman hias yang tak perlu disiram setiap hari sehingga cocok untuk kamu yang sibuk atau malas menyiram tanaman.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.