Mengapa Cabai Hijau Bisa Berubah Menjadi Cabai Merah?

Bagi Anda pecinta pedas mungkin tak lengkap jika sedang makan apapun tanpa ada sambel, makanan terasa kurang nikmat jika tidak memiliki rasa pedas.

Mungkin saat membuat sambel Anda lebih sering memilih cabai yang kecil dari pada besar, selain itu lebih sering memilih sambel yang berwarna merah daripada hijau.

Ternyata, cabai yang kecil memiliki rasa yang lebih pedas daripada cabai besar. Mengapa cabai warna hijau mengalami perubahan menjadi warna merah?

Ternyata proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabai satu ini seperti proses pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman lainnya, atau disebut sebagai proses dormansi biji. Kemudian dapat berkembang menjadi perkecambahan, pertumbuhan organ tanaman, perkembangan generatif tanaman, pembuahaan, penuaan, yang berakhir pada proses kematian.

Perubahan warna cabai hijau ke merah tersebut memiliki nama ilmiah yang berasal dari ‘zat pektin’ yang mengatur pada perubahan warna. Zat pektin pada cabai ini akan membuatnya menjadi tua tentu mengalami perubahan warna. Pada cabai sendiri perubahan warna dapat terjadi karena intensitas sinar matahari.

Perubahan warna pada cabai sendiri tergantung penyinarannya, jika bagus maka cabai dapat berubah warna dengan cepat. Karena sinar matahari, akan membuat cabai mengalami penguapan dan proses penguapan tersebut yang dibutuhkan oleh cabai agar mengalami perubahan warna.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.