Rambut Beruban Saat Tua? Kenapa Ya?

Hampir semua orang tahu bahwa penyebab rambut putih atau uban selalu dikarenakan usia. Namun apakah Anda sudah tahu kaitan antara usia dan kemunculan uban? Sebenarnya, saat usia sudah semakin tua, pigmen melanin yang bertugas memberikan warna pada kulit dan rambut akan berkurang. Hal tersebutlah yang menjadi penyebab rambut putih pada kaum lansia.

Sama seperti kematian, Anda tidak dapat menghindari uban di kulit kepala. Seiring bertambahnya usia, rambut putih akan semakin terlihat. Ini merupakan hal yang normal terjadi selama masa perkembangan manusia.

Usia memang menjadi salah satu faktor mengapa rambut putih muncul di rambut Anda. Namun, tahukah Anda mengapa rambut menjadi putih ketika Anda menua?

Rambut putih merupakan hal yang lumrah ditemui oleh kaum lansia. Namun, apa yang menyebabkan pertumbuhan uban di kepala saat sudah usia senja?

Kulit kepala memiliki folikel rambut atau kantong kecil tempat sel kulit berada. Di dalamnya, terdapat pigmen melanin yang memberikan warna pada kulit dan rambut. Semakin gelap rambut seseorang, maka semakin banyak pigmen melanin yang dimiliki.

Seiring bertambahnya usia, pigmen melanin yang berada dalam folikel rambut semakin berkurang dan perlahan-lahan mati. Berkurangnya pigmen melanin inilah yang menjadi penyebab rambut putih.

Saat terdapat sedikit pigmen dalam folikel rambut, maka rambut secara perlahan akan kehilangan warnanya dan menjadi transparan atau putih. Pada akhirnya, Anda akan memiliki rambut yang sepenuhnya berwarna putih atau abu-abu.

Rambut putih dapat muncul pada usia mana saja, tergantung dari genetiknya. Ada yang baru muncul pada usia 30 sampai 40 tahun, dan ada pula yang lebih cepat, yaitu saat masih remaja.

Kemunculan uban Anda biasanya akan sama dengan usia saat kakek atau nenek Anda mulai menemukan rambut putih di kepalanya. Umumnya, dibutuhkan waktu 10 tahun untuk semua rambut di kulit kepala menjadi putih atau abu-abu.

Sayangnya, penyebab rambut putih akibat faktor usia atau genetik tidak dapat dicegah ataupun dihambat, kecuali jika pelaku rambut putih Anda adalah karena kondisi medis tertentu.

Anda hanya bisa mencat atau memberi warna pada rambut agar menutupi uban-uban yang mulai bermunculan di kepala.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.