Makan Daging Saat Idul Adha Tanpa Was – Was Kolesterol Naik? Ini Dia Tipsnya
Sate kambing menjadi menu wajib saat Idul Adha. (Sumber: tastynesia.com)
Sate kambing menjadi menu wajib saat Idul Adha. (Sumber: tastynesia.com)

Momen Hari Raya Idul Adha disebut juga sebagai “hari perbaikan gizi” oleh sebagian kalangan. Hal itu dikarena saat Idul Adha, mayoritas masyarakat akan dimanjakan lidahnya oleh berbagai menu makanan berbahan daging sapi  maupun kambing.

Namun anda perlu waspada, mengingat dimomen Hari Raya Kurban seperti ini kolesterol rawan naik. Nah, berikut ini kami akan memberikan sedikit tips bagi anda, agar tetap aman mengkonsumsi berbagai menu khas hari Kurban.

  1. Makan dalam jumlah kecil

Usahakan jangan mengkonsumsi makanan tersebut dalam porsi yang besar, karena hal ini akan mengakibatkan perut anda menjadi nyeri. Hal ini disebabkan esophageal sphincter penuh sehingga akan membuat makanan kembali ke perut bagian atas.

  1. Hindari konsumsi makanan daging sebelum tidur
    Mengkonsumsi makanan berbahan daging sebelum tidur akan berdampak buruk bagi kesehatan anda. Hal tersebut bisa mengakibatkan makanan akan tedorong lagi ke esophageal sphincter. Selain itu kualitas tidur anda pun akan terganggu. Usahakan tidak mengkonsumsi makanan ini 2 – 3 jam sebelum anda tidur.

  1. Kombinasikan masakan daging dengan sayur
    Usahakan membuat variasi menu makanan saat idul adha. Misalnya membuat menu makanan yang seimbang seperti menyisipkan beberapa sayuran seperti tomat, bawang merah atau bawang bombai pada masakan yang berlemak. Karena hal ini dapat berfungsi untuk mengurangi lemak pada makanan tersebut.

  1. Daging yang dipanggang lebih menyehatkan dari pada digoreng
    Daging yang di bakar lebih baik dari pada yang digoreng. Karena lemak pada daging akan berkurang saat proses pembakaran terjadi. Akan lebih baik jika menambahkan bumbu rempah-rempah sebelum dibakar.

  1. Perbanyak minum air putih
    Air putih mempunyai banyak manfaat bagi tubu. Salah satunya berfungsi untuk mendorong sisa makanan menuju sistem pembuangan, sehingga tidak terjadi sembelit serta melancarkan buang air besar.

Demikian tadi, beberapa tips yang bisa kami berikan bagi anda, agar lebih tenang dalam mengkonsumsi berbagai menu makanan disaat Hari Raya Kurban. Semoga bisa membantu anda melangsungkan Idul Adha dengan tetap sehat. (Wahyu Adhi)

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.