Penyebab dan 6 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah

Pernahkah Anda mengalami hidung tersumbat sebelah? Ya, gara-gara ini tidur terganggu lantaran sulitnya bernapas. Anda perlu mengetahui penyebab dan cara mudah mengatasinya, sehingga dapat mengembalikan kenyamanan Anda.

Hidung tersumbat dapat terjadi hanya pada satu atau kedua sisi hidung. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beragam hal. Salah satunya adalah pembengkakan jaringan dan pembuluh darah di rongga hidung saat mengalami alergi.

Hidung tersumbat merupakan gejala dari sebuah penyakit. Beberapa penyakit yang dapat menimbulkan gejala hidung tersumbat sebelah atau menyeluruh adalah:

Hidung tersumbat juga bisa disebabkan oleh kondisi yang lebih serius, seperti  peradangan pada hidung yang bukan akibat alergi, polip hidung, tumor, sindrom Churg-Strauss, sekat hidung yang miring (deviasi septum), kelenjar gondok yang membesar, dan asma.

Ketika mengalami hidung tersumbat, Anda disarankan untuk menjaga kelembapan saluran hidung. Selain itu, beberapa cara berikut ini perlu dilakukan untuk membantu meredakan hidung tersumbat:

1. Memperbanyak minum air putih
Untuk membantu meredakan hidung tersumbat, Anda disarankan untuk memperbanyak minum air putih. Hal ini dapat membantu mengencerkan lendir dan menjaga tenggorokan agar tidak kering. Selain air putih, Anda juga bisa minum teh hangat, air jahe hangat, dan jus buah segar.

2. Menghirup uap hangat
Uap hangat bisa dihasilkan dari air yang sudah dimasak sampai mendidih. Namun ketika menghirup uap hangat dari air mendidih, Anda harus hati-hati. Hirup uap hangat dengan perlahan dan jangan sampai air mendidih mengenai kulit hidung Anda.

Selain itu, Anda dapat menikmati uap hangat dengan mandi air hangat atau menggunakan humidifier. Keduanya juga diklaim mampu membantu meredakan hidung tersumbat.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *