Benarkah Minum Air Putih Dingin Bikin Gemuk?

Mungkin anda pernah mendengar anggapan bahwa banyak minum air putih dingin bisa bikin gemuk. Namun, apakah anggapan tersebut benar?

Ahli gizi Pooja Makhija, misalnya, pernah mengungkapkan melalui Instagram bahwa air putih memiliki 0 kalori. Oleh karena itu, air putih dalam suhu berapapun tidak menyebabkan kenaikan berat badan. Ia kemudian menyertakan sebuah studi dari Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism yang menyebutkan bahwa minum air dingin malah bisa membantu menurunkan berat badan. Tubuh perlu membakar sejumlah kalori untuk menghangatkan air ini dan menurunkannya hingga 36,6 derajat Celcius, yang merupakan suhu tubuh.

Minum air putih dingin bisa menjadi alternatif bagi anda yang suka dengan minuman dingin berasa, misalnya es teh manis, es sirup, dan minuman dingin lainnya. Bagi orang yang baru selesai berolahraga, air putih dingin bisa mencegah tubuh dari overheat atau suhu tubuh yang terlalu panas setelah berolahraga. Terlepas dari suhunya, minum air putih bisa memberikan tubuh energi lebih untuk menjalani hari. Meski begitu, bukan berarti air putih tak secara langsung membuat berat badanmu turun. Air putih sebenarnya hanya berperan dalam membantu anda mengubah perilaku makan yang kurang sehat.

Risiko Meski air putih dalam segala suhu cenderung menyehatkan, tetapi ada beberapa risiko yang perlu diwaspadai untuk jangka panjang dari kebiasaan minun air putih dingin. Minum air putih dingin akan membuat perut terkontraksi, yang membuat tubuh lebih sulit mencerna makanan. Beberapa ahli juga meyakini bahwa tubuh perlu bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu internalnya jika meminum air bersuhu es atau kurang dari 4 derajat Celcius. Pada kondisi tertentu, air dingin mungkin memengaruhi tubuh lewat cara yang mungkin tidak kita antisipasi atau inginkan. Sebuah studi lama dan kecil dari tahun 1978 yang melibatkan 15 orang, misalnya, menemukan bahwa minum air dingin membuat lendir hidung lebih kental dan lebih sulit untuk melewati saluran pernapasan. Sebagai perbandingan, para peneliti menemukan bahwa sup ayam dan air panas membantu orang bernapas lebih mudah. Jika anda sedang pilek, minum air dingin bisa membuat hidung semakin mampet. Penderita migrain juga mungkin akan mengalami kesembuhan jika minum air dingin.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *