Dompet Jebol? Ini Cara Menghemat Uang Agar Tidak Boros

Anda merasa tidak boros, namun uangnya selalu habis? Hal tersebut kemungkinan besar dipicu oleh kebiasaan kecil atau sepele. Sebenarnya, ada banyak kebiasaan kecil yang membuat uang Anda cepat habis. Maka dari itu, Anda harus mengetahui cara menghemat uang untuk mengatasinya.

Saat ini, sebagian besar orang merasa kesulitan untuk menyisihkan uangnya. Hal itu dikarenakan gaya hidup masyarakat yang konsumtif. Jadi, Anda harus memiliki niat dan tekad yang kuat untuk menabung.

Cara menghemat uang gaji pun masih terbilang tabu bagi kebanyakan orang. Jika Anda melakukannya setiap hari, maka akan berdampak besar pada keuangan. Apalagi, Anda harus membiayai pendidikan sang buah hati hingga kuliah.

Bagi anda yang ingin menabung, berikut ini adalah cara menghemat uang agar tidak boros:

  1. Tentukan pendapatan dan pengeluaran. Cara menghemat uang bulanan yang pertama adalah menentukan pendapatan dan pengeluaran per bulannya. Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui kondisi keuangan apakah baik atau tidak. Namun, proses ini akan terasa sulit jika pengeluaran Anda lebih besar dibanding pendapatannya. Jika hal ini terjadi, Anda bisa mengatur lagi apa saja kebutuhan yang harus diprioritaskan.
  2. Atur tabungan berencana. Supaya arus kas keuangan Anda lebih jelas, pertimbangkanlah untuk membuat tabungan berencana. Jenis tabungan ini memiliki sistem yang lumayan ketat. Sebaiknya, Anda juga memisahkan rekening tabungan dan harian. Jika sudah memiliki tabungan berencana, maka Anda bisa berinvestasi atau menyimpan dana pendidikan anak. Anda juga harus bijak dalam menggunakan uang bulanan. Caranya, sisihkan uang yang bisa didebet secara otomatis. Jika saldo rekening kurang, Anda akan dikenakan denda. Artinya, Anda harus menyiapkan bujet atau dana untuk tabungan berencana.
  3. Jangan konsumtif. Cara menghemat uang agar bisa menabung adalah mengurangi kebiasaan belanja. Misalnya, Anda membutuhkan waktu selama satu jam untuk membeli sebuah barang, maka coba mengubahnya dengan berpikir satu hari sebelum membelinya. Jika Anda melakukan hal ini, maka akan sadar bahwa barang yang ingin dibeli tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.
  4. 4. Investasi menabung. Kurangilah membeli barang atau kebutuhan lainnya yang tidak penting, karena Anda bisa menggunakannya untuk investasi dan menabung. Pada era modern saat ini, kedua hal tersebut memiliki peran penting dalam mengatur finansial Anda. Tujuan dari menabung adalah untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang, terutama membiayai pendidikan anak. Sedangkan untuk investasi, Anda dapat mempertahankan nilai aset dari inflasi. Anda bisa mencoba investasi emas dan saham.
  5. Menjaga kesehatan. Menjaga kesehatan sangat penting dilakukan agar Anda tidak mudah sakit. Apalagi, biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Maka dari itu, Anda harus rajin berolahraga dan menerapkan pola makan secara teratur.
  6. Hindari godaan. Saat ini, gaya hidup masyarakat tidak sesuai dengan penghasilan yang didapatkan. Namun, ada saja pekerjaan yang memaksa untuk menghabiskan banyak uang, selalu berkumpul dengan banyak orang hingga pengeluaran lebih besar, dan tempat tinggal dekat pusat perbelanjaan. Cara menghemat uang agar tidak cepat habis adalah menghindari godaan. Anda bisa mengurangi kebiasaan pergi ke pusat perbelanjaan dan cobalah habiskan waktu bersama keluarga di rumah. Selain itu, kurangi pertemuan yang tidak penting dengan teman Anda.
  7. Membawa bekal ke kantor. Membawa bekal ke kantor termasuk salah satu cara menghemat uang setiap hari. Dengan membawa bekal dari rumah, tentunya Anda bisa memangkas pengeluaran sehari-hari. Jika tidak membawa bekal, mungkin saja Anda bisa menghabiskan sekitar Rp20.000 atau lebih untuk makan siang. Kalau dikalikan dengan lima hari kerja, maka Anda bisa menghabiskan sekitar Rp100.000 hanya untuk makan siang. Apalagi, hal itu belum termasuk membeli cemilan di minimarket dan lainnya. Selain bisa menghemat uang jajan sehari-hari, makanan yang Anda konsumsi tentunya lebih higienis dan kaya akan nutrisi.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *