Tips aman berlibur ke pantai

Wisata pantai selalu jadi favorit banyak wisatawan. Tidak terkecuali anda, kan? Pemandangan di sekitar pantai memang nyaris tidak pernah gagal bikin mood kembali ceria. Ditambah lagi dengan pilihan aktivitas seru yang bisa dilakukan saat berada di pantai. Namun, beberapa kasus hilangnya wisatawan saat bermain di pantai juga bikin was-was. Ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam berlibur kepantai, antara lain:

Yang pertama kenali karakteristik dan kondidi pantai. Pantai memiliki karakteristiknya masing-masing. Ada yang memang sudah terlihat memiliki ombak besar. Ada juga yang terlihat biasa saja, tetapi ternyata memiliki arus deras di bagian bawah. Selain itu, masih ada lagi pantai yang karakteristiknya landai, curam, bertebing, dan memiliki banyak karang. Aktivitas dan tingkat kehati-hatian di tiap pantai tersebut pasti juga akan berbeda.

Yang kedua pahami rambu-rambu keamanan yang ada dipantai. Pastikan anda mengenali dan mematuhi rambu-rambu keamanan yang tersedia di sekitar pantai. Cobalah tengok ke sekeliling pantai untuk menemukan dan memastikan keberadaan rambu-rambu keamanan sebelum memutuskan untuk berenang. Pengelola pantai biasanya sudah memasang rambu-rambu standar sebagai acuan untuk pengunjung. Dengan adanya rambu tersebut pengunjung bisa mengetahui situasi, kondisi, dan larangan di sekitar pantai. Sebut saja misalnya rambu berupa bendera untuk menentukan zona berenang.

Tips aman berlibur ke pantai berikutnya adalah cek kondisi cuaca. Anda bisa mengecek prakiraan cuaca dari BMKG yang berlaku di wilayah tersebut. Biasanya, kalau memang cuaca sedang buruk, otoritas setempat tentu juga akan mengeluarkan peringatan bahkan larangan untuk berkunjung ke pantai. Agendakan untuk berkunjung ke pantai saat cuaca sedang bersahabat saja. Kalau cuaca sedang tidak baik, ombak dan ketinggian air akan sangat berbahaya.

Selanjutnya cari tahu pantangan bagi pengunjung. Lain tempat, lain pula kepercayaan yang dianut oleh warga setempat. Begitu juga dengan di pantai. Tidak ada salahnya sebelum berkunjung anda hatrus mencari tahu dulu barangkali ada pantangan tertentu bagi pengunjung.

Tips liburan aman ke pantai selanjutnya jangan berenang sendirian. Berenang adalah aktivitas menarik saat sedang berkunjung ke pantai. Namun, usahakan untuk tidak berenang sendirian. Pastikan kamu berenang tidak jauh dari teman atau keluarga agar bisa saling mengawasi. Tujuannya supaya bisa saling membantu kalau terjadi hal-hal darurat. Bagaimana kalau sendirian saja ke pantainya? Cobalah mencari area yang cukup ramai dengan pengunjung yang sedang berenang. Atau, kalau di pantai ada menara atau kursi penjaga pantai, anda bisa berenang di sisi yang tidak jauh dari lokasi mereka. Ini untuk memastikan bahwa anda berenang dengan pengawasan dari para penjaga pantai.

Yang terakhir jangan berenang terlalu jauh dari bibir pantai. Hayoo, siapa yang kalau berenang di pantai suka lupa diri? Kadang saat keasyikan berenang dan bermain,anda bisa tidak sadar kalau sudah menjauh dari bibir pantai. Ini berbahaya sekali. Semakin ke tengah, ombak dan arus bawah laut tentu akan semakin kuat. Apalagi kalau anda tidak memiliki kemampuan berenang yang mumpuni. Anda tidak perlu memaksakan berenang terlalu jauh. Cukup berenang atau bermain di dekat bibir pantai saja. Jangan sampai melanggar zona larangan berenang atau rambu-rambu pengingat yang sudah terpasang. Kadangkala, walaupun masih dalam zona yang tergolong cukup aman untuk berenang, kemungkinan hal-hal buruk masih bisa saja terjadi. Sesekali menengoklah ke sekeliling untuk memastikan bahwa anda masih berada di zona aman. Ini juga penting untuk mengecek barangkali ada panggilan atau kode darurat dari petugas di daratan.

Nah,itulah 6 tips aman berlibur ke pantai yang bisa kamu praktekkan. Kelihatannya hanya hal-hal sepele, tetapi berguna sekali untuk keamanan saat berada di pantai. Tidak mau kan, acara liburan ke pantai jadi kacau karena anda kurang berhati-hati? Jadi tetap waspada ya, Sahabat SRadio.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *