Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Alias Mampet

Ketika hidung tersumbat, rasanya bernapas pun bisa jadi suatu tantangan berat. Selain kesulitan bernapas, hidung yang mampet kadang kala juga menyebabkan gejala tidak nyaman lainnya, seperti sakit kepala serta menurunnya kemampuan indra penciuman. Kira-kira, apa yang menyebabkan hidung tersumbat? Lalu, bagaimana cara mengatasinya dengan cepat dan mudah?

Umumnya, banyak orang mengira bahwa hidung tersumbat disebabkan oleh penggumpalan lendir di saluran hidung. Kenyataannya, hidung mampet tidak selalu terjadi karena penumpukkan lendir.

Pada dasarnya, hidung tersumbat disebabkan oleh apa pun yang menyebabkan terjadinya iritasi atau peradangan pada jaringan hidung. Hidung memiliki jaringan pembuluh darah berkatup yang luas dan bisa membuka-menutup.

Ketika hidung mengalami iritasi, sistem saraf akan terangsang, sehingga katup pembuluh darah terbuka. Akibatnya, darah yang mengalir ke dalam hidung pun lebih banyak. Kondisi inilah yang menyebabkan pembengkakan di saluran hidung dan membuat Anda sulit untuk bernapas.

Berikut adalah beberapa kondisi kesehatan yang menyebabkan hidung mampet, yang pertama karena flu. Flu atau influenza adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus influenza. Ketika tubuh terserang virus flu, peradangan dapat terjadi di selaput lendir pada hidung. Itu sebabnya, hidung tersumbat jadi salah satu gejala flu yang umum terjadi.

Nah, Anda tidak perlu bingung karena terdapat banyak cara yang bisa Anda coba di rumah untuk mengatasi hidung mampet. Berikut adalah tips-tips yang bisa Anda lakukan:

1. matikan AC dan kipas angin

Udara hangat dan lembap adalah cara tercepat untuk mengatasi pilek dan hidung tersumbat. Mematikan AC dan kipas angin bisa membantu Anda.

Bernapas di udara yang lembap bisa meredakan radang dan pembengkakan pembuluh darah dalam hidung. Udara lembap juga bisa membantu mengencerkan lendir dalam sinus.

2. menghirup uap hangat

Untuk mendapatkan udara yang lembap, Anda bisa melakukan sauna wajah, alias menghirup uap hangat. Caranya, isilah wadah atau baskom berisi air panas. Condongkan tubuh Anda ke atas permukaan air dan tutupi dengan handuk untuk memerangkap uap.

Hiruplah uap hangat selama kurang lebih 10 menit. Ulangi 2-3 kali sehari sampai Anda bisa bernapas dengan lega.

Anda juga bisa mencampur beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air hangat. Minyak kayu putih terbukti secara ilmiah sebagai alternatif rumahan yang bisa membunuh beberapa jenis bakteri penyebab hidung mampet, seperti infeksi sinus. Namun, sebaiknya jangan terlalu banyak agar mata Anda tidak perih.

3. minum banyak air

Air hangat bisa membantu mengencerkan lendir di saluran hidung dan meredakan nyeri akibat hidung tersumbat. Untuk variasi, Anda bisa minum teh jahe, mint, atau teh lemon madu hangat yang mengandung agen antiseptik dan dekongestan alami untuk memudahkan pernapasan.

4. mandi air hangat atau panas.

Cara mudah lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat adalah mandi air hangat. Uap yang dihasilkan dari air hangat dapat membantu mengencerkan lendir yang menumpuk di rongga hidung Anda.

Selain itu, uap air hangat juga dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan di dalam hidung. Namun, pastikan Anda tidak menggunakan air yang terlalu panas untuk mandi, ya.

 

 

 

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *