Apa Itu Tahi Lalat dan Kenapa Bisa Muncul di Tubuh?

Tahi lalat sudah menjadi hal yang umum untuk muncul di tubuh kita. Lokasinya pun bisa di mana saja. Bisa di wajah, bisa di lengan, bisa di kaki.

Namun kalian pasti bertanya, “Mengapa kita punya tahi lalat? Apa tujuan dari kondisi tersebut?” Tak sedikit dari kalian memutuskan untuk menyingkirkannya lewat operasi, bukan?

Tahi lalat muncul karena pigmen kulit yang berkumpul. Tumbuhnya tahi lalat disebabkan adanya melanosit, sel penghasil melanin di kulit, yang berkumpul pada satu titik di permukaan kulit. Melanosit yang tidak menyebar tersebut pada akhirnya membentuk pigmen yang menutup permukaan kulit itu. Dari sanalah tahi lalat di tubuhmu muncul.

Yang kedua tahi lalat bisa disebabkan karena turunan keluarga. Jika orang tua Anda memiliki tahi lalat, bukan tidak mungkin kamu juga akan memilikinya. Para ahli berpendapat tahi lalat dapat ditularkan ke keturunannya. Sebagai contoh jika seseorang memiliki lima tahi lalat, anaknya pun bisa demikian. Hanya saja para ahli sampai sekarang belum bisa membuktikan hal tersebut dan masih melakukan riset.

Namun ada pula yang mempercayai tahi lalat muncul karena tersengat matahari. Beberapa ahli ada yang berpendapat berbeda. Mereka melihat jika tahi lalat dapat muncul dengan alasan terbakar matahari, menyebabkan adanya kerusakan pada kulit hingga memunculkan melanin tersebut. Dikatakan pula tahi lalat menjadi semakin gelap ketika terpapar cahaya matahari.
Setidaknya ada tiga tipe lalat yang bisa kita miliki. Ada tiga tipe tahi lalat berdasarkan waktu kemunculannya, seperti apa bentuknya dan seberapa besar risiko berkembang menjadi berbahaya. Yang pertama adalah tahi lalat bawaan yang menjadi tanda lahir dan memiliki beragam ukuran serta bentuk. Tahi lalat bawaan yang besar dapat berisiko menjadi kanker sehingga perlu diperhatikan. Yang kedua yaitu tahi lalat umum yang mana muncul di kulit setelah kamu lahir. Tahi lalat ini bisa ada di tubuh bagian mana saja. Terakhir adalah tahi lalat atipikal. Tahi lalat tipe ini biasa muncul di badan atau area leher serta kepala, dan sangat jarang untuk di wajah. Karena karakteristik kemunculannya tersebut, tahi lalat tipe ini mendapatkan sebutan tahi lalat “itik buruk rupa.”
admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *