Penyebab Korsleting Listrik Rumah Dan Cara Mengatasinya Yang Paling Aman

Korsleting listrik adalah hubungan pendek listrik yang terjadi secara tiba-tiba karena adanya perbedaan arus dan tegangan yang signifikan. Hal ini membuat listrik mengalir ke sistem yang terutup dengan tahanan listrik yang mengecil. Semakin kecil tahanan tersebut maka sekain besar pula arus listrik yang mengalir, sehingga jika dibiarkan dapat menyebabkan panas yang menimbulkan kebakaran.

Untuk mengatasi korsleting terjadi di rumah, anda harus tahu apa penyebab dan cara mengatasi masalah yang satu ini. Oleh karena itu, yuk simak penyebab korsleting listrik dan cara mengatasinya.

Penyebab korsleting listrik pertama adalah adanya peralatan listrik yang mengalami hubungan singkat. Hubungan pendek tersebut diakibatkan oleh adanya kerusakan atau masuknya hewan kecil, seperti cicak atau tikus.  Ada pula kemungkinan hal ini terjadi karena kabel instalasi yang keropos sampai mengelupas atau kabel yang tergigit oleh tikus atau hewan lain sejenisnya.

Penyebab yang kedua stop kontak kemasukan air. Korsleting juga dapat terjadi apabila stop kontak atau dudukan lampu kemasukan air dari atap yang bocor. Air yang bocor tersebut membuat hubungan singkat pada aliran listrik, sehingga membahayakan rumahmu.

Penyebab korsleting listri selanjutnya adalah kabel instalasi keropos. Kabel instalasi dan isolator yang keropos juga dapat membuat terjadinya korsleting di rumah. Isolator yang terlepas dari kabel phasa dan netral dapat membuat listrik mengalami hubungan pendek.

Penggunaan kabel listrik yang kecil juga menjadi penyebab mengapa korsleting bisa terjadi. Hal tersebut karena kabel yang berukuran kecil lebih cepat panas ketika dialiri arus listrik yang besar.

Penyebab terakhir kenapa terjadi korsleting listrik di rumah adalah instalasi listrik yang tidak standar. Karena tidak sesuai standar, terdapat kemungkinan besar terjadi hubungan pendek yang mengakibatkan korsleting.

Cara mengatasi korsleting listrik yang pertama mengganti bola lampu. Jika korsleting disebabkan oleh lampu, hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengganti bola lampu yang lama dengan yang baru. Buka bola lampu yang lama dalam keadaan mati dan pasangkan bola lampu yang baru. Bola lampu merupakan penyebab utama korsleting karena adanya aliran yang putus atau rusak.

Jika korsleting listrik terjadi karena stop kontak yang bermasalah, hal yang perlu kamu lakukan adalah membuka stop kontak dengan obeng listrik atau testpen. Setelah stop kontak dilepas, pisahkan setiap kabel yang berada dalam stop kontak dan isolasi ujung kabelnya. Selanjutnya, kamu tinggal mengganti stop kontak yang lama dengan stop kontak yang baru.

Apabila korsleting tidak berasal dari stop kontak atau lampu, hal yang bisa kamu lakukan adalah menghubungi tenaga ahli untuk mengatasi masalah ini. Ada kemungkinan kerusakan terjadi pada rangkaian kabel instalasi yang terpasang di bagian rumahmu. Penyebabnya bisa jadi karena gigitan hewan pengerat atau kebocoran.

Jika sudah seperti ini, kamu tidak bisa sembarangan memperbaiki masalah ini.

Berikut adalah berbagai cara untuk mencegah korsleting listrik terjadi di rumah anda:

  • Memakai kabel standar SNI.
  • Mengecek kelayakan kabel.
  • Batasi beban listrik.
  • Pakai paralon untuk hindari korsleting.
  • Mengganti komponen MCB.
  • Gunakan alat listrik berkualitas.
admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *