Kenapa Gigitan Nyamuk Menimbulkan Bentol dan Gatal?

Apakah Anda suka bermain di luar? Bermain di luar ruangan memang asyik, seperti bermain sepak bola di halaman belakang atau sekadar bermain di taman terdekat. Namun, saat bermain di luar ruangan terutama di alam, kita sering kali terkena gigitan serangga seperti nyamuk.

Kalau sudah digigit nyamuk, tidak lama kemudian akan timbul benjolan di kulit yang biasa kita sebut dengan bentol. Selain bentol, rasa gatal akan menyusul dan menimbulkan rasa tidak nyaman karena ingin menggaruknya terumenerus. Kenapa gigitan nyamuk membuat kita bentol dan gatal?

Nyamuk yang biasa menggigit kita adalah nyamuk betina. Meskipun kita menyebutnya “gigitan,” nyamuk betina sebenarnya bukan menggigit, lo. Sebenarnya, mereka menempelkan sebagian mulutnya ke kulit kita dan memakan darah kita. Bagian mulut nyamuk ini dikenal dengan nama belalai atau proboscis. Dengan belalainya yang masuk ke bawah kulit, nyamuk betina mencari pembuluh darah. Ketika dia menemukan satu, dia melepaskan air liurnya ke dalam luka.

Air liur nyamuk mengandung zat antikoagulan yang membuat darah kita mengalir sehingga nyamuk bisa dengan cepat mendapatkan darah kita. Meskipun kita sering kali tidak menyadari kalau sudah digigit oleh nyamuk, sistem kekebalan tubuh kita selalu menyadarinya. Sistem imun mendeteksi keberadaan air liur nyamuk dan memberitahu tubuh untuk menghasilkan zat yang disebut histamin untuk melawannya. Ketika histamin mencapai area kulit di mana nyamuk menggigit kita, hal itu menyebabkan pembuluh darah di daerah itu membengkak. Itulah sebabnya kita bisa melihat munculnya bentol di permukaan kulit setelah digigit oleh nyamuk.

Ketika pembuluh darah membengkak, mereka juga menyebabkan saraf di daerah itu menjadi iritasi. Tubuh kita merasakan iritasi saraf ini sebagai sensasi gatal . Nyamuk paling aktif selama berjam-jam sebelum dan sesudah Matahari terbit dan terbenam. Selama waktu ini, pastikan untuk menggunakan semprotan atau krim anti serangga dan mengenakan pakaian panjang.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *