Tips Menghadapi Cuaca Terik dan Panas

 Beberapa hari terakhir ini cuaca panas ekstrem melanda sebagian besar wilayah di Indonesia. Cuaca panas membuat aktivitas sehari-hari terasa lebih berat karena tubuh mengeluarkan keringat berlebihan yang tak jarang bikin lemas. Maka dari itu kamu perlu menjaga tubuh tetap sejuk di cuaca panas agar tidak berisiko bagi kesehatan.

Tidak sedikit orang yang kepayahan menahan cuaca panas tersebut, bahkan jika dipaksakan dapat menimbulkan gangguan kesehatan seperti dehidrasi, memicu stres, dan kelelahan. Akibat paling parah dari suhu panas adalah heat stroke, yakni kondisi suhu tubuh yang meningkat tajam secara tiba-tiba dan tubuh tidak memiliki waktu untuk mendinginkan diri. Heat stroke menyebabkan Anda merasakan panas baik dari dalam luar tubuh maupun dalam tubuh.

 Berikut 5 tips menghadapi cuaca panas:

Yang pertama perbanyak minum air putih. Cuaca yang panas dan terik dapat membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Itulah mengapa Anda harus banyak minum. Saran dokter, Anda harus minum sekurang-kurangnya 3 liter air sehari untuk menghadapi kondisi yang begini.

Tapi, disarankan air yang Anda minum itu tidak terlalu banyak mengandung kafein atau bersoda. Karena dua zat ini malah akan membuat kamu mudah dehidrasi. Kalau mau, selain air putih, kamu bisa menggunakan minuman berisotonik yang dapat menggantikan garam dan mineral yang hilang dari tubuh Anda.

Yang kedua adalah pakailah pakaian tipis dan nyaman. Cuaca terik seperti beberapa hari ini bisa membuat Anda gampang beringat. Nah, Anda harus gunakan bahan pakaian yang dapat menyerap keringat seperti katun. Sebagai saran, pilihlah pakaian yang tipis sehingga kamu tidak merasa kegerahan.

Tips berikutnya berada didalam ruangan. Pastikan Anda tidak terlalu lama di bawah pancaran sinar matahari atau cuaca panas. Nah, Anda bisa mengurangi aktivitas di luar ruangan dan pastikan pengudaraan di dalam ruang Anda cukup. Apalagi ruangan yang memiliki penyejuk. Pasti lebih nyaman.

Selanjutnya gunakan cream pelembab. Kulit kering menjadi masalah dari cuaca panas dan terik seperti ini. Karena itu, kulit yang sensitif dan mudah kering, disarankan menggunakan pelembap. Nah, penggunaannya bisa digunakan di area wajah, tangan dan kaki.

Tips yang terakhir yaitu konsumsi buah dan sayur. Dengan mengonsumsi buah dan sayur, bisa membantu tubuh memenuhi cairan yang cukup. Kondisi suhu panas akan menjadi dingin dengan mengonsumsi buah segar. Selain itu, buah dan sayur bisa jadi pengganti asupan nutrisi yang dapat membuat Anda tetap merasa sejuk.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *