Mata Kelilipan? Begini Cara Mengatasinya

Mata adalah organ penglihatan. Ia menerima cahaya dari dunia luar dan mengubahnya menjadi sebuah gambar visual. Jika terjaga dengan baik, seseorang bisa melihat dunia luar dengan jelas. Jika tidak, kesehatan mata yang terganggu bisa memengaruhi penglihatan seseorang. Beberapa kebiasaan yang dapat merusak mata di antaranya adalah  membaca sambil tiduran, terlalu lama menatap layar ponsel, menggunakan lensa kontak saat tidur, tidur dengan makeup mata, hingga mengucek mata.

Kelilipan adalah keluhan umum pada mata. Ini terjadi saat ada partikel asing (misalkan rambut, debu, pasir, dan benda kecil lainnya) masuk ke dalam mata dan membuatnya terasa gatal atau kemerahan. Saat ini terjadi, beberapa orang akan refleks mengucek mata untuk menghilangkan benda tersebut. Sayangnya, kebiasaan ini tidak begitu dianjurkan sebab bisa merusak mata. Lantas, bagaimana cara yang baik untuk mengatasi kelilipan?

Yang pertama jangan mengucek mata. Mengucek mata saat kelilipan bisa menyebabkan abrasi kornea. Ini adalah kondisi hilangnya lapisan permukaan epitel kornea akibat trauma pada permukaan mata, salah satunya karena dikucek terlalu kencang. Jika kamu penasaran, Anda bisa melihat kondisi mata yang kelilipan dengan menarik kantung mata ke bawah. Namun sebelum menyentuh mata, pastikan kamu sudah mencuci tangan pakai sabun, ya. Sebab, tangan yang kotor bisa memicu infeksi pada mata.

Cara yang kedua yaitu kedipkan mata. Untuk mengeluarkan partikel asing di dalam mata, cukup kedipkan mata berulang kaki. Sebab, mengedipkan mata dapat menggerakkan partikel asing tersebut dan memicu keluarnya air mata yang dapat membasuhnya keluar dari mata. Cukup buka mata dengan lebar dan berkediplah dengan cepat. Lakukan secara cepat dan berulang kali sampai Anda merasa partikel sudah keluar dari mata.

Cara selanjutnya adalah tarik kelopak mata. Partikel asing di dalam kelopak mata mungkin sulit dikeluarkan. Namun, Anda tetap bisa kok mengeluarkannya dengan menekan kelopak mata. Jika partikel asing ada di dalam kelopak mata bagian atas, cukup tarik kelopak mata bagian atas tersebut. Begitu pun saat ada di kelopak mata bagian bawah, cukup tarik kelopak mata bagian bawah tersebut. Lakukan sambil berkedip atau memutar bola mata untuk menggerakkan dan mengeluarkan partikel tersebut.

Cara yang keempat pakai alat bantu. Jika partikel asing mengendap di pojok mata, kamu bisa menggunakan alat bantu (seperti lap basah atau cotton bud) untuk mengeluarkannyaCukup letakkan alat bantu tersebut di pojok mata agar memudahkan partikel asing terambil. Agar kornea tetap terlindungi, Anda perlu mengarahkan pandangan mata ke posisi yang berseberangan dengan letak partikel berada. Misalkan jika partikel yang mengganggu ada di sisi kiri mata, arahkan pandangan mata ke sisi kanan. Jika sudah terambil, partikel akan menempel pada alat bantu tersebut.

Yang terakhir adalah pakai obat tetes mata. Obat tetes mata bisa digunakan untuk mengatasi mata kelilipan. Cukup teteskan obat mata ke dalam mata dan biarkan partikel asing keluar secara alami. Agar aman, lakukan sesuai petunjuk dan dosis yang tertera pada label obat

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *