Apa Itu Kapalan? Dan Kenapa Bisa Terjadi Kapalan?

Kapalan atau callus adalah kulit yang menebal dan mengeras. Biasanya, kulit yang mengalami kapalan akan terasa kering dan berwarna agak putih kekuningan. Kapalan sering terjadi di telapak kaki, jari-jari kaki, tumit, telapak tangan, serta jari-jari tangan.

Kapalan umumnya tidak berbahaya, tetapi dapat mengubah tampilan kulit. Kapalan hanya perlu diobati jika kondisi ini menimbulkan rasa tidak nyaman atau mengganggu penampilan.

Kapalan umumnya disebabkan oleh tekanan atau gesekan yang berlebihan dan berulang pada satu area kulit area kulit. Sebenarnya, kapalan adalah reaksi alami tubuh untuk memperkuat jaringan yang mengalami tekanan dan gesekan berulang. Reaksi tersebut membuat jaringan kulit menebal atau disebut juga hiperkeratosis.

Beberapa kegiatan yang dapat memberikan tekanan dan gesekan berlebih, berulang, dan meningkatkan risiko munculnya kapalan diantaranya menulis atau menggambar dengan pensil, pena, atau kuas, memainkan alat musik, seperti gitar atau biolla, mengangkat beban berat, menggunakan alat tertentu yang menyebabkan tekanan, seperti cangkul.

Kapalan dapat terjadi pada area kulit yang sering tergesek atau tertekan. Kapalan paling sering terjadi di telapak kaki, terutama tumit dan bagian telapak dekat jari-jari kaki, lutut, bagian sisi atas, samping, sela-sela jari kaki, serta telapak tangan dan jari-jari tangan.

Kapalan merupakan penebalan kulit, ukurannya akan tergantung luas kulit yang mengalami tekanan atau gesekan. Saat mengalami kapalan, seseorang akan merasakan adanya perubahan pada kulit berupa menebal, mengeras, dan terasa kasar. Kulit menjadi kering dan pecah-pecah, muncul rasa nyeri jika kapalan semakin tebal.

Umumnya kapalan dapat menghilang dengan sendirinya jika tekanan atau gesekan dikurangi atau dihentikan. Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi kapalan yaitu, gunakan plester atau perban pada area yang sering mendapat tekanan atau gesekan. Gunakan sarung tangan saat mengoperasikan peralatan yang bisa memberikan tekanan atau gesekan pada kulit. Rendam bagian yang kapalan di air hangat selama 10–15 menit, agar kulit yang menebal melunak dan mengelupas.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko timbulnya kapalan adalaha pakailah sepatu nyaman dengan ukuran yang sesuai. Hindari mengenakan sepatu hak tinggi atau bagian depan yang menyempit. Belilah sepatu pada sore atau malam hari, umumnya ukuran kaki akan lebih besar di saat sore atau malam hari. Gunakan kapas untuk memisahkan antar jari kaki jika sering bergesekan. Gunakan sarung tangan atau pelindung saat mengoperasikan peralatan yang bisa menyebabkan gesekan atau tekanan berulang pada kulit.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *