Kulit Tangan Mengelupas? Ini Penyebab Utamanya

Apakah Anda pernah mengalami kulit tangan yang mengelupas? Bila ya, jangan khawatir, kejadian ini cukup normal dan bisa terjadi di bagian tubuh mana pun, termasuk bagian ujung jari. Umumnya, kulit tangan mengelupas karena kering atau karena tidak cocok memakai produk tertentu, seperti sabun, losion, atau hand sanitizer.

Selain beberapa alasan di atas, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kulit Anda bisa mengelupas seperti alergi dan beberapa penyakit tertentu.

Salah satu penyebab kulit tangan mengelupas adalah karena kulit Anda kering. Kulit kering terjadi karena kurangnya kelembapan dan hal ini biasanya terjadi di cuaca dingin. Kulit tangan juga rentan kering jika Anda sering mandi dengan menggunakan air hangat atau sering berlama-lama di ruangan ber-AC.

Selain itu, kulit Anda bisa kering karena kandungan sabun atau peralatan mandi lainnya yang tidak cocok dengan kulit Anda. Selanjutnya, biasanya ada beberapa gejala yang ikut datang bersama kulit kering seperti gatal, kulit pecah-pecah, kulit memerah, dan kulit menjadi kebas atau mati rasa.

Penyebab yang kedua yaitu terlalu sering mencuci tangan. Ternyata terlalu sering mencuci tangan dengan sabun secara berlebihan akan membuat kulit tangan mengelupas pada bagian ujung jari. Pasalnya, ketika Anda sering mencuci tangan menggunakan sabun, Anda akan menghilangkan minyak yang menjadi pelindung kulit.

Ketika minyak hilang, kulit Anda tidak bisa menjaga kelembapannya sehingga cepat kering. Sabun juga dapat menyerap ke lapisan kulit yang lebih sensitif dan menyebabkan iritasi serta mengelupas.

Cara mengatasi hal tersebut adalah dengan mencuci tangan seperlunya dengan menggunakan produk yang memang sesuai dengan kulit Anda. Selanjutnya, akan lebih baik jika produk tersebut memiliki kandungan untuk melembapkan kulit agar kulit Anda tidak mudah pecah-pecah.

Salah satu penyebab kulit tangan mengelupas adalah karena terlalu lama terpapar sinar matahari. Terlalu lama terkena sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan kulit terbakar dan lebih sensitif saat disentuh. Jika kulit Anda terbakar, kulit akan menjadi merah dan mulai terkelupas.

Kulit yang terbakar sinar matahari membutuhkan beberapa waktu untuk bisa sembuh. Solusinya, Anda bisa menggunakan obat pereda nyeri atau mengompres area yang terluka itu dengan air dingin.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *