Penyebab Hidung Tersumbat dan Tips Mudah Mengatasinya

Keadaan hidung yang tersumbat tentu membuat Anda merasa tidak nyaman dalam beraktivitas. Banyak penyebab yang membuat Anda mengalami hidung tersumbat. Hidung tersumbat dapat terjadi ketika jaringan di dalam hidung terganggu. Gangguan bisa disebabkan iritasi karena menghirup polusi udara, baik dari asap kendaraan atau pajanan asap rokok. Penyebab lain dari hidung tersumbat adalah alergi, sinusitis, dan infeksi, contohnya ISPA dan influenza.

Ketika Anda terkena alergi atau menghirup udara kotor, selaput yang melapisi saluran hidung akan meradang. Pada saat itulah hidung memproduksi lendir untuk mengusir segala sesuatu yang mengganggu. Lendir pengusir gangguan inilah yang membuat hidung jadi tersumbat.

Selain obat-obatan di atas, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membantu meredakan hidung tersumbat yaitu, minum lebih banyak cairan, sehingga kekentalan lendir di hidung akan berkurang. Hirup uap air hangat, mandi menggunakan air hangat, membasuh wajah dengan handuk hangat, hindari berenang dalam kolam yang mengandung klorin.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *