Sama-sama Lezat, Mana yang Lebih Sehat, Daging Ayam atau Bebek?

Selama ini kita mengenal dua peternakan unggas, ayam dan bebek. Kedua unggas tersebut diternakan untuk diambil daging dan telurnya. Keduanya sangat digemari serta digunakan untuk menu makanan dan sumber nutrisi yang baik untuk dikonsumsi.

Namun kepopuleran daging bebek tidak bisa menandingi daging ayam. Selain karena penjualnya lebih banyak, jenis makanan yang menggunakan daging ayam juga lebih beragam. Itulah sebabnya masyarakat lebih terbiasa mengkonsumsi daging ayam dibanding daging bebek.

Padahal jika dilihat dari kandungan nutrisinya, daging bebek tidak kalah dengan daging ayam. Bahkan pada beberapa jenis nutrisi, daging bebek lebih unggul dibandingkan daging ayam.

Tapi tahukah anda, mana dari kedua unggas tersebut yang dagingnya lebih sehat?

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Military Medicine menyebut dalam satu ons daging bebek terdapat 211 kalori, jauh lebih banyak dibanding daging ayam yang mengandung 172 kalori. Sedangkan kandungan lemak dalam daging bebek pun lebih banyak dibandingkan daging ayam. Dalam satu ons daging bebek terkandung 15 gram lemak, sementara daging ayam mengandung 9 gram lemak. Lemak jenuh dalam daging bebek juga cukup tinggi, yaitu sekitar lima gram per porsi. Sedangkan daging ayam mengandung lemak jenuh sebesar 2,7 gram per porsi.

Namun daging ayam mengandung kolesterol yang lebih rendah, yakni 64 miligram per porsi. Sedangkan daging bebek mengandung  80 miligram kolesterol per porsi. Sementara kandungan protein kedua daging unggas tersebut tidak terlalu jauh bedanya. Daging ayam mengandung protein 22 gram per porsi dan daging bebek memiliki kandungan protein 20 gram per porsi.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *