Putih Telur vs Kuning Telur, Mana yang Lebih Sehat untuk Sarapan?

Telur sudah jadi menu mainstream untuk sarapan. Selain murah dan mudah diolah, telur merupakan menu makanan sehat dengan nutrisi tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Telur memiliki dua bagian, yaitu putih dan kuning telur. Keberadaan putih dan kuning telur memiliki fungsi yang tersendiri, karena mengandung jumlah nutrisi yang berbeda-beda. Lantas, manakah yang lebih baik dikonsumsi untuk sarapan?

Sebelum itu, kita simak kandungannya terlebih dahulu, yang pertama untuk putih telur. Putih telur mengandung protein yang sehat untuk tubuh tanpa menambahkan kalori. Hal ini karena putih telur hanya mengandung 17 kalori dan bebas lemak. Mengkonsumsi putih telur secara rutin dapat membentuk otot dan menurunkan tekanan darah.

Yang kedua kuning telur. Beberapa orang menghindari konsumsi kuning telur, kalori yang dikandung sebanyak 55 kalori dan dipercaya mengandung lemak jenuh serta meningkatkan kadar kolesterol. Namun, faktanya kuning telur memiliki kandungan nutrisi lebih banyak daripada putih telur. Nutrisi yang dikandung, yaitu vitamin B6, B12, A, D, E, dan K.

Selain itu, juga mengandung kalsium, magnesium, zat besi, dan selenium. Kandungan karotenoid pada kuning telur berperan penting melindungi mata dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan retina.

Lalu mana yang lebih baik untuk sarapan? Dari nutrisi yang terkandung dalam putih dan kuning telur, maka keduanya sama-sama sehat. Tergantung apa tujuan yang ingin didapat. Jika berencana untuk diet menurunkan berat badan, lebih baik mengkonsumsi putih telur karena kalori yang dikandung lebih rendah. Namun, jika Anda butuh asupan vitamin D, sebaiknya mengkonsumsi kuning telur.

Tak ada salahnya juga untuk mengkonsumsi putih atau kuning telur bersamaan. Beberapa penelitian merekomendasikan untuk mengkonsumsi satu hingga dua butir telur utuh setiap harinya. Hal ini karena akan memberikan manfaat yang lebih efektif.

Namun, jika ingin mengkonsumsi lebih dari dua telur, maka sebaiknya hanya makan putih telurnya. Sebab, mengkonsumsi kuning telur berlebihan dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti kolesterol.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *